Cegah Macet Horor, Menhub Minta Pemudik Pulang Sebelum Puncak Arus Balik Lebaran

Jum'at, 12 April 2024 - 10:33 WIB
loading...
Cegah Macet Horor, Menhub Minta Pemudik Pulang Sebelum Puncak Arus Balik Lebaran
Puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi terjadi pada 13-15 April. Foto/MPI
A A A
JAKARTA - Puncak arus balik Lebaran 2024 diprediksi terjadi pada 13-15 April. Guna mencegah macet horor, pemudik diimbau untuk melakukan perjalanan pulang sebelum tanggal tersebut.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur seusai menjalani rapat koordinasi bersama Korlantas Polri, Menteri Perhubungan (Menhub), dan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Kemenko PMK) pada Kamis, 11 April 2024.

Direktur Utama Jasa Marga Subakti Syukur menjelaskan realisasi volume lalu lintas masuk dan keluar Jakarta pada 3 April hingga 11 April 2024 di 4 Gerbang Tol Utama (GT Cikampek Utama, GT Kalihurip Utama, GT Ciawi, GT Cikupa) mencapai 1,5 juta kendaraan atau meningkat 45,6% dari normal dan meningkat 0,8% dibandingkan Lebaran 2023.



"Kami perkirakan hari ini masih sekitar 206.000 kendaraan belum melakukan perjalanan mudik. Jumlah ini merupakan 11,7% dari total prediksi Jasa Marga terhadap kendaraan yang melewati empat gerbang tol utama,” katanya.

Nantinya, total lalu lintas yang mudik ini akan kembali bersama-sama menuju Jabotabek dalam waktu yang cukup singkat pada periode arus balik yang diprediksi akan terjadi puncaknya pada hari Senin, 15 April 2024.



Merujuk hal itu, Jasa Marga telah menyiapkan sejumlah antisipasi pelayanan arus balik berdasarkan hasil evaluasi. Tidak hanya pelayanan lalu lintas, pelayanan transaksi, pelayanan preservasi, atau pelayanan rest area, namun juga meningkatkan pelayanan berbasis teknologi.

"Untuk memantau volume lalu lintas serta kapasitas maksimal yang dapat ditampung oleh jalan tol, Jasa Marga menggunakan teknologi traffic counting berbasis radar dan CCTV Analytic berbasis Artificial Intelligence (AI)," jelas Subakti.

Data dan informasi ini terintegrasi dalam super-app Jasa Marga Integrated Digital Map (JID) yang dimanfaatkan oleh para pemangku kepentingan selaku pengambil keputusan, terutama dalam melakukan rekayasa lalu lintas untuk mengoptimalkan kapasitas jalan tol guna menghindari penumpukan kendaraan.

Di sisi lain, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi, meminta agar pemudik lebih cermat dalam menyiasati perjalanan pulangn menuju Jabodetabek. Sisa waktu empat hari ke depan hingga 15 April 2024 harus diantisipasi oleh masyarakat.

"Arus balik ini cukup critical, maka masyarakat perlu melakukan persiapan sebaik-baiknya di waktu empat hari yang tersisa. Puncak arus balik diperkirakan terjadi pada Minggu dan Senin 14-15 April 2024. Sehingga masyarakat diiimbau dapat menghindari puncak arus balik tersebut dan disarankan pulang lebih awal di hari Jumat atau Sabtu," ucap Budi Karya Sumadi.
(cip)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright © 2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1343 seconds (0.1#10.140)