alexametrics

Menaker: Pelatihan Vokasi Itu Keren

loading...
Menaker: Pelatihan Vokasi Itu Keren
Pelatihan vokasi menjadi salah satu terobosan pemerintah untuk mendorong peningkatan kompetensi SDM Indonesia.
A+ A-
JAKARTA - Pelatihan vokasi menjadi salah satu terobosan pemerintah untuk mendorong peningkatan kompetensi SDM Indonesia. Dengan berbagai keunggulan jika dibandingkan dengan pendidikan formal, Menteri Ketenagakerjaan, M. Hanif Dhakiri menyebut pelatihan vokasi itu keren.

"Tantangannya, satu soal image. (Pelatihan) Vokasi dianggap kelas dua. Sehingga kita perlu bersama-sama memastikan bahwa vokasi ini punya kualitas sendiri," kata Hanif saat menjadi pembicara pada acara Kompas100 CEO Forum 2018, di JCC Jakarta, Selasa (27/11/2018).

Menurut Hanif, beberapa keunggulan pelatihan vokasi dibandingkan pendidikan formal diantaranya, pertama pelatihan vokasi memiliki durasi waktu yang lebih singkat dibandingkan dengan pendidikan formal. Kedua, pelatihan vokasi berbasis deman driven (sesuai dengan kebutuhan industri).



Keunggulan tersebut yang dianggap Hanif dapat menjadi solusi bagi angkatan kerja Indonesia yang masih didominasi lulusan SD-SMP. "Pelatihan vokasi menjadi jalan cepat untuk meningkatkan kompetensi yang berkualitas dari SDM kita," kata Hanif.
(akn)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak