Bos BI Optimis Indonesia Jadi Negara Maju 25 Tahun Lagi

Senin, 17 Agustus 2020 - 19:25 WIB
loading...
Bos BI Optimis Indonesia Jadi Negara Maju 25 Tahun Lagi
Gubernur Bank Indonesia (BI) Perry Warjiyo. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) terus mendorong naik status Indonesia sebagai negara berpendapatan menengah atas atau upper middle income country. Sebelumnya Indonesia masuk dalam kelompok negara berpendapatan menengah bawah atau lower middle income country.

Gubernur BI Perry Warjiyo mengatakan kenaikan status Indonesia yang disematkan oleh Bank Dunia pada 1 Juli 2020 itu menjadi kado manis bagi Indonesia yang kini telah menginjak usia 75 tahun.

(Baca Juga: Bisikan Lembaga Finansial Dunia ke Erick Thohir: Ekonomi RI Tumbuh Signifikan di 2021)

"Pada usia ke-75 tahun ini kita telah menjadi negara upper middle income, dan 25 tahun lagi pada usia seabad Republik Indonesia kita harus mencapai kemajuan yang besar menjadikan Indonesia sebagai negara maju ," ujar Perry dalam konferensi pers secara virtual, Senin (17/8/2020).

Perry meminta semua pihak untuk optimistis terhadap perkembangan perekonomian nasional meskipun diganjal pandemi. Hal ini sejalan dengan semangat Presiden Joko Widodo dalam Sidang Tahunan MPR yang menyatakan bahwa ekonomi Indonesia akan bangkit menuju Indonesia Maju.

"Satelit Merah Putih, sebagai jembatan komunikasi NKRI menuju Indonesia Emas 2045, merupakan optimisme menyongsong masa depan gemilang," katanya.

(Baca Juga: Sri Mulyani: Belum Tentu Indonesia Bisa Naik Status jadi Negara Maju)

Ia juga bersyukur karena ekonomi Indonesia mampu bertahan di tengah pandemi Covid-19. Menurutnya kehadiran pandemi tidak membuat semua pihak pasrah, justru terus berjuang dan bersinergi kuat dengan semangat gotong untuk memulihkan perekonomian nasional.

"Inilah saatnya kita membenahi diri secara fundamental. Melakukan transformasi besar-besaran, menjalankan strategi besar di bidang ekonomi, hukum, pemerintahan, sosial, kebudayaan, termasuk kesehatan, dan pendidikan," tandasnya.
(fai)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2017 seconds (0.1#10.140)