Luhut Klaim Apple Akan Investasi Bangun AI Center di Solo

Kamis, 18 April 2024 - 20:12 WIB
loading...
Luhut Klaim Apple Akan Investasi Bangun AI Center di Solo
Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) Luhut Binsar Pandjaitan mengungkapkan bahwa Apple akan mengucurkan investasi di Indonesia. Salah satunya untuk penerapan teknologi masa depan di Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara.

"Tim berkata akan berinvestasi dalam jumlah yang cukup besar ke Indonesia. Terkait hal ini, saya pun diberi mandat Presiden Jokowi untuk mengkoordinasikan seluruh proses yang diperlukan untuk investasi Apple dalam membangun ekosistem smart city di IKN," jelas Luhut melalui Instagram resminya, Kamis (18/4/2024).



Luhut menegaskan bahwa Apple tertarik investasi di bidang Artificial Intelligence (AI) di Indonesia. Hal itu melihat pertumbuhan ekonomi di Indonesia.

"Dia bilang ‘Kami mau investasi di IKN di bidang AI dan juga mengenai AI Center di Bali dan di Solo’. Dia juga melihat itu sebagai suatu peluang untuk melakukan investasi, karena melihat pertumbuhan ekonomi kita dan melihat bonus demografi dan melihat downstreaming hilirisasi," jelas Luhut.

Sebelumnya, Menko Luhut ikut mendampingi Presiden Joko Widodo menerima delegasi Apple di Istana Merdeka. Fokus pembicaraan mereka lebih kepada eksplorasi rencana strategis, termasuk peluang ekspansi Apple dan integrasi Indonesia ke dalam global supply chain.



Luhut menyatakan atas rencana investasi itu pemerintah siap untuk memberikan insentif, yang sama seperti di India Thailand, bahkan insentif yang akan diberikan akan lebih besar. Selain itu, Apple juga berencana akan menambah satu lagi fasilitas Apple Developer Academy di Bali, setelah sebelumnya sudah tersedia di Surabaya, Batam, dan Tangerang.

"Saya bilang ke dia, kalian dapat fasilitas insentif seperti di India dan Thailand, ya kita juga bisa memberikan hal yang sama. Malah Presiden perintahkan saya, katakan Pak Luhut ini masa kompetisi, jadi kalau di Thailand atau India dia dapat dua, ya kalau kita bisa kasih lebih dua koma berapa harus kita bisa," ungkap Luhut.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1207 seconds (0.1#10.140)