Kolaborasi IDSurvey Perluas Layanan Pemastian Berstandar Internasional

Jum'at, 26 April 2024 - 20:10 WIB
loading...
Kolaborasi IDSurvey Perluas Layanan Pemastian Berstandar Internasional
Wakil Menteri BUMN Kartiko Wirjoatmojo saat kunjungan ke salah satu fasilitas laboratorium sentral IDSurvey milik PT Sucofindo di Cibitung. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Kolaborasi IDSurvey, yang meliputi 3 entitas, yaitu PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero) sebagai lead Holding IDSurvey, PT Sucofindo, dan PT Surveyor Indonesia, memperluas layanan laboratorium pengujian berstandar internasional sehingga mampu melayani kebutuhan domestik dan Internasional. Hal itu diapresiasi Wakil Menteri BUMN (Wamen BUMN) Kartiko Wirjoatmojo saat berkunjung ke salah satu fasilitas laboratorium sentral IDSurvey milik PT Sucofindo di Cibitung.

"Penting bagi masyarakat untuk semakin meningkatkan kesadaran akan penggunaan atau konsumsi produk yang ber-Standar Nasional Indonesia (SNI) demi keamanan dan keselamatan konsumen. Oleh karena itu, kami mengapresiasi IDSurvey yang berperan dalam memastikan standar dan menjaga compliance produk-produk terhadap SNI melalui layanan pengujian, survei, dan sertifikasinya," kata Wamen Kartiko dalam keterangannya, Jumat (26/4/2024).



Secara keseluruhan IDSurvey memiliki 95 titik laboratorium yang tersebar di Indonesia dengan kapabilitas laboratorium yang terdiri dari pengujian teknik, mineral dan batu bara, kimia-pangan dan lainnya. Laboratorium Pengujian IDSurvey saat ini telah terakreditasi ISO 17025 dan sebagai lembaga inspeksi telah terakreditasi ISO 17020, selain itu juga didukung oleh peralatan dan sumber daya berstandar internasional.

"Dan kami berkomitmen untuk terus mengembangkan kapabilitas dan kapasitas laboratorium lainnya, sebagai upaya bersama mendukung pelaku usaha sekaligus menjadi mitra strategis BUMN, swasta dan pemerintah,"kataDirektur Utama Biro Klasifikasi Indonesia sekaligus Ketua Holding IDSurvey, Arisudono Soerono.

Direktur Utama SucofindoJobi Triananda menambahkan, khususnya di laboratorium Sucofindo mampu melakukan pengujian halal, kimia, minyak dan gas, mineral dan batu bara, lingkungan, kalibrasi, dan teknik. Selanjutnya, kata dia, Sucofindo tengah mengembangkan kapasitas dan kapabilitas untuk laboratorium pengujian, yang mendukung regulasi dalam upaya pengurangan emisi.

"Saat ini kami tengah mengembangkan layanan untuk pengujian health and life science, pengujian untuk mendukung ekosistem electric vehicle (EV), biomassa, lingkungan, energi baru dan terbarukan. Pengembangan ini juga sejalan dengan komitmen IDSurvey dalam pemenuhan standar tertinggi untuk jasa pemastian, serta mendukung upaya pemerintah dalam mewujudkan Net Zero Emissions (NZE),"papar Jobi.



Sebagai Langkah bersama dalam mewujudkan NZE, PT Surveyor Indonesia melengkapi dengan layanan pengujian untuk sektor perkebunan dan pertanian dengan platform traceability. Platform traceability ini memiliki skema business to business (B to B), di mana dalam pengembangannya PT Surveyor Indonesia akan melakukan pengujian bersama dengan perusahaan karet, kelapa sawit, dan komoditas lainnya.

"Selain itu, ke depannya kami akan melakukan uji coba aksesibilitas platform National Dashboard untuk menguji dan memperkuat aspek dan fitur sistem penelusuran yang penting bagi pekebun swadaya dan aktor industri komoditas lainnya,"imbuh Direktur Utama Surveyor Indonesia Sandry Pasambuna.

Dengan kelengkapan-kelengkapan tersebut, tegas Arisudono, IDSurvey selaku BUMN jasa survei optimistis dapat konsisten mendukung upaya perlindungan konsumen melalui kegiatan pemastian, di antaranya dengan pengujian dan sertifikasi SNI untuk berbagai produk konsumen. Selain itu, ke depannya dapat mendukung pelaku usaha dalam upaya keberlanjutan lingkungan dan mengurangi emisi karbon.

"Kami siap sebagai mitra strategis pemerintah, BUMN dan swasta, untuk terus konsisten menjaga kualitas serta adaptif memenuhi kebutuhan pelaku usaha melalui layanan IDSurvey,"tandasnya.
(fjo)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2393 seconds (0.1#10.140)