BUMN Sambung Listrik Gratis, Menteri Rini Ingin Topang Ekonomi Warga

Jum'at, 01 Februari 2019 - 22:04 WIB
BUMN Sambung Listrik Gratis, Menteri Rini Ingin Topang Ekonomi Warga
BUMN Sambung Listrik Gratis, Menteri Rini Ingin Topang Ekonomi Warga
A A A
MAGETAN - Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno berharap sambungan listrik gratis kepada warga kurang mampu yang dilakukan oleh 35 perusahaan pelat merah bisa menopang kegiatan ekonomi masyarakat. Hal ini disampaikan saat secara simbolis meluncurkan rogram sambung gratis di desa Mojopurno Kecamatan Ngariboyo dan desa Cepoko kecamatan Panekan Kabupaten Magetan Jawa Timur.

"Dengan bantuan sambungan listrik melalui Sinergi BUMN kepada masyarakat, warga sepenuhnya akan menikmati listrik langsung dari PLN. Ini tentunya sangat membantu masyarakat untuk mendapatkan akses listrik secara penuh dan menopang kegiatan ekonomi rumah tangganya," kata Rini di Magetan, Jumat (1/2/2019).

Di kedua Desa tersebut, program ini diperuntukan bagi keluarga miskin dan rentan miskin, yang selama ini menumpang listrik tetangga. Sebanyak 24 rumah di Magetan Jawa Timur, yang semula akses listriknya menumpang di tetangga, kini sudah sepenuhnya mandiri.

Rencananya, di Jawa Timur program ini akan menyasar sebanyak 128.098 keluarga kurang mampu yang rumahnya belum tersambung listrik PLN. Angka tersebut diperoleh berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).

Sebelumnya, program sinergi 35 BUMN ini telah berhasil melakukan sambungan listrik gratis bagi lebih dari 100 ribu keluarga miskin dan rentan miskin Jawa Barat. Sinergi BUMN ini bertujuan untuk mendorong percepatan program peningkatan rasio elektrifikasi.

Program sambung gratis ini disepakti oleh 35 BUMN sebagai penjamin bagi keluarga miskin untuk memperoleh pemasangan sambung listrik gratis kerumahnya. Jumlah masyarakat kurang mampu yang dipilih untuk mendapatkan listrik tersebut ditetapkan berdasarkan data Tim Nasional Percepatan Penanggulangan Kemiskinan (TNP2K).
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.3587 seconds (0.1#10.140)