Usia 19-60 Tahun Mulai Disuntik Vaksin Covid-19 Tahun Depan, yang Lain Sabar

Rabu, 19 Agustus 2020 - 14:22 WIB
loading...
Usia 19-60 Tahun Mulai Disuntik Vaksin Covid-19 Tahun Depan, yang Lain Sabar
Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan dalam pemberian vaksin Covid-19 yang bakal diutamakan pada usia 19 tahun sampai 60 tahun. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Pemerintah menargetkan, dalam satu tahun ada 1 juta masyarakat yang bakal disuntik vaksin virus covid-19 mulai tahun depan. Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartato mengatakan dalam pemberian vaksin ini yang bakal diutamakan pada usia 19 tahun sampai 60 tahun.

"Kita memberikan vaksin itu 180 juta, jadi setahun kita memberikan vaksinasi itu 1 juta per orang. Persiapan tim dokter dan perawat menentukan target, siapa yang divaksin duluan dan perlu dipersiapkan pemerintah. Nantinya yang bakal divaksin itu umur 19 sampai 60 tahun," ujar Menko Airlangga dalam sebuah webinar, Rabu (19/8/2020).

(Baca Juga: Alhamdulillah, Uji Klinis Vaksin Covid-19 Lancar, Ada Relawan Takut Jarum Suntik )

Dia melanjutkan saat ini pemerintah tengah melakukan penentuan kuota untuk pemberian vaksin covid-19. Hal ini agar bisa mendapatkan akses vaksin yang mana setiap negara sedang mengajukan kuota siapa saja yang mendapatkan vaksin covid-19.

"Kita prioritasnya mendapatkan akses ini keluar dan tidak tertinggal negara lain, jadi kita ikut serta dan aktif berkontribusi penemuan vaksin dan berpatriasi dengan clinical trial," jelasnya.

(Baca Juga: Siap-siap, Imunisasi Massal Vaksin Corona Ditarget Awal 2021 )

Airlangga pun meminta masyarakat agar tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan. Upaya tersebut, dikatakannya bisa membantu memutus rantai penyebaran Covid-19.

"Kita harus bersama-sama sadari Covid-19 masih berlangsung, protokol masih penting dilakukan, menggunakan masker, jaga jarak, sering cuci tangan, khusus yang sudah masuk di kantor tentu sterilisasi harus dilakukan sehingga semua bisa memonitor," katanya.
(akr)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1102 seconds (0.1#10.140)