Strategi Modernland Realty Tetap Bertahan di Tengah Sengitnya Persaingan Industri Properti

Rabu, 05 Juni 2024 - 10:56 WIB
loading...
Strategi Modernland Realty Tetap Bertahan di Tengah Sengitnya Persaingan Industri Properti
PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) memaparkan kinerja keuangan perseroan sepanjang 2023, yang disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST). Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Modernland Realty Tbk. (MDLN) memaparkan kinerja keuangan perseroan sepanjang 2023, yang disampaikan dalam Rapat Umum Pemegang Saham Tahunan (RUPST) pada 31 Mei 2024, lalu. Emiten properti itu membukukan pendapatan Rp1,15 triliun per 31 Desember 2023 yang meningkat 4,86% dari tahun sebelumnya sebesar Rp1,10 triliun.



Kenaikan ini didorong adanya pengakuan atas penjualan unit apartemen Cleon Park di Jakarta Garden City. Sementara itu, per 31 Desember 2023, laba usaha Perseroan tercatat sebesar Rp197,19 miliar, atau mengalami penurunan 33,69% dibandingkan tahun 2022 sebesar Rp297,37 miliar.

Penurunan laba usaha terutama disebabkan adanya peningkatan beban penjualan sebesar 52,09% dan penurunan pendapatan operasional lainnya sebesar 70,76%. Meski begitu aset Perseroan secara keseluruhan memperlihatkan kenaikan 1,19% dari Rp13,53 triliun di tahun 2022.



Hingga akhir Desember 2023, tercatat total aset Perseroan mencapai Rp13,69 triliun. Total aset lancar Perseroan tahun 2023 tercatat sebesar Rp2,90 triliun, mengalami kenaikan jika dibandingkan dengan tahun 2022 sebesar Rp2,46 triliun.

Semakin ketatnya persaingan yang terjadi di industri properti mengharuskan Perseroan memiliki strategi khusus dalam menghadapi tantangan persaingan industri. Perseroan berencana menetapkan berbagai strategi pemasaran dalam rangka mempertahankan pangsa pasar serta meraih peluang usaha.

“Atas dukungan dan kepercayaan seluruh pemegang saham, manajemen telah mengambil langkah-langkah penting dan strategis untuk mendorong pendapatan demi mencapai pertumbuhan jangka panjang, dengan melakukan peluncuran proyek-proyek terbaru, melakukan percepatan groundbreaking dan pembangunan proyek, serta mempercepat proses serah terima unit untuk menjaga kepercayaan konsumen terhadap proyek Perseroan,” ujar Direktur Utama PT Modernland Realty Tbk., William Honoris.

Lebih lanjut diterangkan, pada segmen residensial, Perseroan akan melanjutkan peluncuran fase selanjutnya dari cluster-cluster yang telah perkenalkan di kuartal 4 tahun 2023 yang tersebar di seluruh proyek residensial yang dimiliki Perseroan.

Selain itu, Perseroan juga akan mempercepat groundbreaking dan pembangunan proyek, serta mempercepat proses serah terima unit untuk menjaga kepercayaan pelanggan terhadap proyek-proyek Perseroan.

"Perseroan meyakini penjualan properti akan tetap prospektif, mengingat hunian merupakan kebutuhan primer yang akan terus meningkat permintaannya di masa depan," ungkap William Honoris.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0948 seconds (0.1#10.140)