alexametrics

Chief Financial Officer LOKET Emi Surya Dewi

Dorong Karyawan Ciptakan Ide Segar

loading...
Dorong Karyawan Ciptakan Ide Segar
Chief Financial Officer LOKET Emi Surya Dewi. (Dok. LOKET).
A+ A-
Industri berbasis kreativitas seperti hiburan dan festival di Indonesia terus tumbuh, ditandai melonjaknya penjualan tiket acara hiburan.

Inovasi teknologi dan internet serta kaum milenial yang jumlahnya mencapai 90 juta jiwa menjadi katalisnya. Industri hiburan merupakan salah satu bisnis inti dari LOKET, perusahaan yang bergerak pada bidang event management dan ticketing di Indonesia.

Sebagai pemain baru, LOKET harus siap menghadapi persaingan dan tantangan di industri yang digandrungi milenial ini. Untuk mengetahui lebih jauh strategi perusahaan yang pada 2017 lalu resmi diakuisisi GOJEK ini, KORAN SINDO mewawancarai Chief Financial Officer LOKET Emi Surya Dewi. Berikut petikan wawancaranya.



Apa tantangan dalam mengembangkan bisnis LOKET?
Kami dituntut untuk cepat dalam merespons dan menyediakan layanan terbaik bagi para event creator maupun audiens sebagai konsumen akhir, karena industri ini bergerak sangat dinamis serta cepat mengingat potensinya yang tidak memiliki batas.

Apalagi industri hiburan di Indonesia sangat luas cakupannya, tidak terbatas pada event,konser, maupun film, tetapi juga bidang ekonomi kreatif lainnya, seperti industri MICE dan atraksi theme park.

Selain itu, layanan LOKET yang komprehensif tidak hanya melayani rekanan bisnis (business-to-business/B2B), tetapi juga langsung pada konsumen (business-to-consumer /B2C) membuat sistem pembayaran menjadi hal paling vital.

Kami harus memastikan bahwa kedua belah pihak, baik event creator maupun audiens dapat melakukan dan menerima pembayaran dengan mudah serta nyaman dalam waktu relatif cepat serta transparan untuk kepengurusan pajak dan lainnya.

Sejak pertengahan tahun lalu, LOKET juga menyasar ke penyelenggaraan event semua skala, tak hanya event raksasa, namun juga event menengah sampai berskala kecil. Semua jenis layanan tersebut membutuhkan metode pembayaran berbeda guna menyesuaikan dengan tiap skala event yang ada, di antaranya mengenai perhitungan persentase rate jasa, jenis layanan yang digunakan, besaran harga tiket, metode pembayaran yang dipilih, dan sebagainya.

Lalu, bagaimana strategi perseroan dalam menghadapinya?
Di LOKET, kami menjawab tantangan tersebut dengan terus mengembangkan inovasi teknologi. Apalagi saat ini dan beberapa tahun ke depan milenial yang jumlahnya (menurut Bappenas) mencapai 90 juta jiwa akan mendominasi pasar industri hiburan.

Kami memahami bahwa nilai-nilai, seperti praktis, simpel, mudah, dan cepat merupakan suatu “kewajiban” harus ada dalam setiap layanan yang menargetkan milenial. Kenapa? Karena mereka ini adalah generasi yang memiliki hubungan khusus dengan teknologi.

Ini tidak berlebihan, mengingat sekarang banyak yang lebih khawatir ketinggalan handphone dibandingkan dompet. Nilai-nilai ini juga mendukung milenial dalam memenuhi kebutuhan mereka akan hiburan, seperti menonton konser dan festival musik, drama musikal, menonton film, merencanakan liburan dengan menikmati wahana atraksi, dan sebagainya.

LOKET sudah merangkum hal itu dan mengemasnya melalui inovasi-inovasi digital. Salah satunya melalui kemudahan dalam pembayaran karena semua telah dilakukan secara online dan nontunai yang terpenuhi hanya dalam genggaman melalui smartphone dengan pilihan yang beragam, seperti GO-PAY, mobile banking, internet banking,dan bahkan Kiosk, salah satu teknologi LOKET.

Bagaimana dengan konsumen yang belum terbiasa dengan pembayaran online ?
Untuk menjangkau konsumen yang belum terbiasa menggunakan pembayaran secara online, kami bekerja sama dengan Alfamart. Jadi, setelah konsumen melakukan pembelian tiket online di halaman website maupun melalui aplikasi, tetap bisa melakukan pembayaran offline melalui Alfamart.

Inilah salah satu bentuk komitmen kami memberikan kemudahan dan pengalaman terbaik. Ke depan, LOKET juga akan terus mengembangkan inovasi untuk menyempurnakan teknologi, kualitas, dan layanan untuk merangkul pangsa pasar milenial.

Apa kelebihan LOKET dibandingkan kompetitor lain?
Kami memberikan solusi teknologi event management secara komprehensif dan end-to-end, baik kepada rekanan bisnis (B2B) maupun langsung kepada konsumen (B2C). Dengan inovasi yang terus kami lakukan, saat ini bisa dikatakan bahwa LOKET memiliki teknologi terlengkap dalam mendukung penyelenggaraan dan pengelolaan sebuah event.

Dengan hanya melalui satu pintu, yakni LOKET, para event creator bisa mendapatkan beberapa support sekaligus mulai dari ticket management service (on ground handling), ticketing distribution, audience engagement, pengadaan POS untuk pembayaran nontunai, hingga data analytic untuk memberikan gambaran mengenai keberlangsungan event.

Bagaimana perkembangan LOKET saat ini?
LOKET didirikan pada 2013 dengan berfokus pada satu tujuan, yakni merevolusi industri hiburan melalui teknologi digital yang unggul demi memberikan pengalaman terbaik kepada event creator maupun audiens. Pada 2017, LOKET diakuisisi GOJEK karena kesamaan misinya di industri hiburan.

GOJEK percaya akan potensi LOKET dan industri ke depannya sehingga saat itu disepakati tidak ada perubahan, baik dari sisi manajemen maupun operasional. Bahkan, LOKET dipercaya manajemen GOJEK untuk mengelola satusatunya bisnis hiburan GOJEK, yaitu GO-TIX.

Sebagai pionir dalam industri teknologi event dan hiburan di Indonesia, LOKET saat ini telah bekerja sama dengan 85-90% eventevent raksasa di Indonesia. Pada 2018, LOKET bahkan dipercaya untuk ikut mengelola ajang olahraga terbesar di Asia, yakni Asian Games 2018 dan Asian Para Games 2018 sebagai mitra Official Ticketing Management System (TMS).

Selain itu, pada 2018, LOKET juga mencatatkan peningkatan signifikan karena jumlah tiket yang terjual lebih dari 10 juta tiket dengan pertumbuhan jumlah penjualan tiket festival dan konser musik sebesar 500%, ajang olahraga 225%, MICE 200%, dan atraksi hiburan 250%.

Apa fokus kinerja perseroan tahun ini?
Di LOKET, kami secara konsisten terus melakukan inovasi, baik dari segi produk maupun layanan. Tujuannya tak lain adalah memberikan dampak positif lebih luas mengenai bagaimana melalui teknologi event management yang kami sediakan bisa memberikan pengaruh positif.

Tak hanya bagi industri hiburan secara luas, namun juga untuk lingkungan sekitar, termasuk dari segi ekonomi maupun sosial bagi masyarakat. Tahun ini LOKET juga ingin menjangkau lebih banyak event creator dari berbagai daerah dengan berbagai skala event di dalamnya, terutama di daerahdaerah memiliki potensi dan peluang besar untuk industri hiburan, seperti Semarang, Malang, Palembang, Lampung, Medan, dan Makassar, yang mana keenam kota ini juga menjadi sasaran roadshow pada tahun ini setelah empat kota pada tahun sebelumnya, yakni Bandung, Yogyakarta, Surabaya, dan Denpasar.

Terobosan apa yang dilakukan untuk menarik konsumen?
Melihat pasar yang didominasi milenial, sejak pertengahan tahun lalu, kami meluncurkan layanan Loket.com untuk mengajak komunitas dan individu kreatif meramaikan penyelenggaraan event di Indonesia.

Loket.com mengusung konsep self-service merupakan hasil inovasi LOKET yang ditujukan untuk membantu para event creator berskala menengah hingga individu dalam mengelola event mereka secara mandiri. Fitur Loket.com dirancang untuk memberikan pengalaman manajemen event mandiri yang terbaik.

Seluruh proses, baik bagi pengelola maupun pengunjung, dibuat secara sistematis dan online mulai dari pendaftaran event,pilihan sistem pembayaran yang beragam, hingga sistem registrasi dan check-in pengunjung.

Dalam kurun waktu setengah tahun sejak diluncurkan, platform pelayanan mandiri Loket.com telah membantu lebih dari 4.000 event creator dengan capaian lebih dari 5.000 event pada 2018. Saat ini kami juga tengah menggelar rangkaian roadshow ke berbagai kota di Indonesia untuk memaksimalkan potensi ekonomi kreatif di berbagai daerah.

Bicara mengenai kepemimpinan, bagaimana konsep leadership yang Anda terapkan dalam memimpin?
Salah satu value dari LOKET adalah teamwork. Mereka yang membantu saya untuk melengkapi potongan puzzle dalam industri ini dan membantu LOKET untuk terus maju hingga saat ini. Hal penting yang saya terapkan adalah mendengar kan mereka, mendengarkan ide-ide yang mereka sampaikan, memberikan apresiasi atas kerja keras yang telah mereka lakukan, hingga akhirnya mereka merasa nyaman.

Rasa nyaman ini yang dengan sendirinya akan membangun loyalitas dan ini adalah fondasi kuat bagi perusahaan. Jika sudah demikian, perusahaan akan tumbuh semakin kuat dan maju.

Seperti apa gaya komunikasi Anda?
Di LOKET bisa dikatakan hampir tidak ada batasan antara manajemen dan karyawan. Kami terbiasa mendorong karyawan untuk bersuara dan mengemukakan ide-ide segar mereka secara langsung. Di kantor, kami cenderung menciptakan suasana santai dan nyaman bagi karyawan.

Jadi, tidak ada sekat-sekat perbedaan yang berarti. Bahkan untuk ruangan manajemen kami tidak memiliki pintu, yang begini ini khas perusahaan teknologi ya.Jadi, siapa pun bisa datang ke meja kami untuk sekadar sharing, mengemukakan ide, dan sebagainya.
(Kunthi Fahmar Sandy)
(nfl)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak