Ketangguhan Ekonomi Rusia Diakui Bank Dunia, Proyeksi Pertumbuhan Dikerek Naik

Rabu, 12 Juni 2024 - 13:17 WIB
loading...
Ketangguhan Ekonomi Rusia Diakui Bank Dunia, Proyeksi Pertumbuhan Dikerek Naik
Bank Dunia merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Rusia untuk tahun 2024 dan 2025, mendatang. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Bank Dunia merevisi proyeksi pertumbuhan ekonomi Rusia untuk tahun 2024 dan 2025, mendatang. Dalam revisi yang dirilis Selasa, kemarin waktu setempat memperlihatkan, proyeksi ekonomi Rusia mengalami kenaikan.



Menurut Prospek Ekonomi Global 2024, PDB Rusia akan tumbuh 2,9% tahun ini dan 1,4% pada 2025. Angka tersebut mengalami perubahan ke arah lebih baik, dari perkiraan sebelumnya masing-masing sebesar 2,2% dan 1,1%.

Bank Dunia menambahkan, bahwa ekonomi Rusia melewati ekspektasi pada tahun 2023, dengan pertumbuhan yang meningkat menjadi 3,6% pada tahun lalu. Raihan itu mengalami peningkatan tajam dari prediksi Januari sebesar 2,6% dan proyeksi Oktober sebesar 1,6%.

"Peningkatan ini sebagian besar mencerminkan permintaan swasta yang lebih kuat dari perkiraan, didukung oleh hipotek bersubsidi, langkah-langkah fiskal, dan pasar tenaga kerja yang ketat," tulis lembaga itu.

Bank Dunia juga mencatat bahwa peningkatan pengeluaran militer juga telah meningkatkan aktivitas. Baca Juga:Saat Dedolarisasi Terus Menggema, Bisnis Rusia Bergeser ke Bank-bank Kecil China

Lebih lanjut dinyatakan bahwa "sementara itu melihat pertumbuhan yang kuat pada akhir 2023, maka aktivitas sepanjang 2024 diperkirakan akan meningkatkan, pengetatan langkah-langkah makroprudensial yang diantisipasi dan pengurangan penyediaan hipotek bersubsidi diatur untuk meredam permintaan swasta."

Laporan itu juga menunjukkan bahwa hubungan perdagangan Rusia dengan China terus tumbuh positif, dimana transaksi kedua negara lebih banyak dilakukan dalam yuan China di tengah 'poros' Moskow yang sedang berlangsung ke Timur.

Menurut Presiden Rusia Vladimir Putin, pertumbuhan ekonomi negara itu melebihi rata-rata global. Dalam pidatonya di Forum Ekonomi Internasional St. Petersburg (SPIEF) pekan lalu, Putin mengatakan bahwa PDB Rusia meningkat sebesar 3,6% tahun lalu, bangkit kembali dari 1,2%.

Sementara itu pada bulan April, Dana Moneter Internasional (IMF) mengatakan pihaknya memperkirakan ekonomi Rusia akan tumbuh lebih cepat daripada semua negara maju pada tahun 2024. Menurut proyeksinya, PDB negara itu diperkirakan akan berkembang sebesar 3,2%, melebihi tingkat pertumbuhan yang diharapkan untuk AS (2,7%), Inggris (0,5%), Jerman (0,2%), dan Prancis (0,7%).

Menteri Keuangan Rusia Anton Siluanov sebelumnya mengatakan dia memperkirakan pertumbuhan PDB pada 2024 sama dengan tahun lalu, sementara Bank Rusia telah menempatkannya pada kisaran level 2,5-3,5%.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1583 seconds (0.1#10.140)