TJSL dan Pengurangan Emisi Karbon PGE Raih Penghargaan di ISRA 2024

Kamis, 04 Juli 2024 - 21:50 WIB
loading...
TJSL dan Pengurangan Emisi Karbon PGE Raih Penghargaan di ISRA 2024
Direktur Utama PGE Julfi Hadi memberikan pemaparan di ajang ISRA 2024 di Solo. FOTO/Ist
A A A
JAKARTA - Direktur Utama PT Pertamina Geothermal Energy Tbk (PGE) Julfi Hadi dan operasi perusahaan di tiga wilayah kerja panas bumi memperoleh penghargaan di ajang Indonesia Social Responsibility Award (ISRA) 2024. PGE dinilai berkomitmen dalam mengedepankan prinsip tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) serta pengurangan emisi karbon dalam operasinya.

Di ajang tersebut, Julfi Hadi didapuk sebagai Social Responsibility Person of the Year atas komitmen penuh dan perannya dalam pengurangan emisi karbon. Julfi dinilai berperan penting dalam mengintegrasikan clean development mechanism (CDM) ke dalam operasional perusahaan. PGE juga memperoleh Sertifikat Pengurangan Emisi Gas Rumah Kaca (SPE-GRK) dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan melalui Sistem Registri Nasional Pengendalian Perubahan Iklim (SRN-PPI) atas kegiatan Proyek Lahendong Unit 5 dan 6.



Selain itu, PGE Kantor Pusat, Area Kamojang, Ulubelu, dan Lahendong memperoleh penghargaan silver untuk kategori Economic Empowerment. Sejumlah program TJSL PGE di wilayah kerja tersebut, yaitu Neng Elie, Eloc Berseri, dan Mapalus Tumompaso, dinilai memberikan dampak positif bagi masyarakat dan lingkungan sekitar dengan social return on investment (SROI) masing-masing sebesar 307%, 342%, dan 181%.

"Dengan penghargaan ini, PGE semakin mempertahankan posisinya sebagai perusahaan energi hijau kelas dunia, dan kelak akan menjadi world center of geothermal excellence," kata Julfi Hadi melalui siaran pers, Kamis (4/7/2024).

Terkait program TJSL, Julfi menjelaskan bahwa program-program yang diusung perusahaan berhasil memberikan manfaat kepada 24.543 orang. Jumlah tersebut termasuk kelompok rentan seperti ibu hamil, anak dengan disabilitas, pemuda pengangguran, lansia, kelompok prasejahtera, petani kopi, dan penjahit perempuan juga menjadi penerima manfaat program.



Program-program TJSL PGE menurutnya juga memberikan kontribusi kepada pelestarian lingkungan, dengan keberhasilan mengurangi limbah hingga 16,3 ton, mengurangi emisi hingga 4.654,7 ton CO2e per tahun, dan melakukan penanaman lebih dari 68.000 pohon. Dia menambahkan, PGE juga telah melakukan konservasi elang dan monyet Yaki.

"Komitmen kami ini telah mendapatkan pengakuan secara nasional dan internasional. Dengan pencapaian di ajang ISRA 2024 ini, kami semakin optimistis bahwa geotermal tidak hanya menjadi energi potensial dengan ketersediaan yang melimpah, tetapi juga membawa kesejahteraan bagi masyarakat dan lingkungan," tutupnya.

ISRA adalah ajang penghargaan serta diseminasi pengetahuan bagi pelaku bisnis atas komitmen, usaha, serta aksi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui program TJSL perusahaan. Mengusung tema "Confronting Climate Change: Survive to Revive" ISRA ditujukan untuk menjadi wadah bagi berbagai pihak untuk terus beradaptasi dan bersiap untuk mengatasi perubahan iklim.

Dalam ajang tersebut, PGE juga berkesempatan memberikan pemaparan dan gagasan perusahaan dalam memitigasi dan beradaptasi pada berbagai dampak perubahan iklim. Pada kesmepatan itu, Julfi memaparkan peran panas bumi sebagai sumber energi dengan berbagai keunggulan, serta ramah lingkungan.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1275 seconds (0.1#10.140)