Sertijab di Kementan, Sudaryono: Innalillahi Wa Inna Ilaihi Raji'un

Jum'at, 19 Juli 2024 - 13:16 WIB
loading...
Sertijab di Kementan,...
Sudaryono mendatangi Istana sebelum pelantikan menjadi wamentan, Kamis (19/7/2024). FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Harvick Hasnul Qolbi resmi menyerahkan jabatan sebagai Wakil Menteri Pertanian (Wamentan) kepada Sudaryono , Jumat (19/7/2024). Prosesi ini sekaligus menjadi hari pertama kerja Sudaryono selaku orang nomor dua di Kementerian Pertanian (Kementan).

Menurutnya, amanah yang dia peroleh dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) cukup berat, lantaran dirinya dan Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman harus bisa mencapai target swasembada pangan hingga mensejahterakan petani.

"Hari ini telah dilaksanakan serah terima jabatan sebagaimana keputusan dan pengangkatan yang telah dilakukan kemarin di Istana Merdeka, dan hari ini adalah hari pertama saya masuk kerja, jadi mohon doa, dukungan, insyaAllah," ujar Sudaryono saat ditemui di gedung Kementan.

"Saya kira ini tugas yang tidak ringan, ini tugas yang mulai tentunya, sehingga dengan mengucapkan innalillahi wa inna ilaihi raji'un, saya mulai hari ini dengan semangat kerja keras siap mensukseskan bapak Menteri Pertanian," paparnya.

Baca Juga: Dilantik Jadi Wamentan, Sudaryono Pastikan Tak Maju Pilgub Jateng

Meski berat, Sudaryono optimistis bisa ambil peran di Kementerian Pertanian untuk menjalankan program yang sudah dicanangkan sebelumnya. Menurutnya, Kementan punya tugas dan pengaruh besar bagi sektor pertanian di Tanah Air.

Terutama, memastikan komoditas pangan bagi rakyat bisa terpenuhi saat ini dan tahun-tahun mendatang. Seperti ketersediaan beras, sayur, dan produk pangan lainnya.

"Kementan ini punya tugas mulia yang pengaruhnya sangat besar bagi rakyat kita, pengaruh besar bagi petani terkait kesejahteraan petani, dan pengaruh yang besar terkait ketersediaan pangan bagi bangsa kita," beber dia.



"Jadi harapannya gak ada yang lain selain memang kedaulatan pangan kita mandiri di bidang pangan, cukup beras, cukup protein, cukup sayur, dan seterusnya," jelas dia.

Sudaryono yakin, Indonesia bisa mencapai swasembada pangan pada tahun-tahun mendatang. Sekalipun pemerintah masih tertatih-tatih mewujudkan target tersebut.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1522 seconds (0.1#10.140)