Aksi Indonesia Menabung, Menko Darmin Bidik Keuangan Inklusif Capai 75%

Kamis, 11 Juli 2019 - 20:10 WIB
Aksi Indonesia Menabung, Menko Darmin Bidik Keuangan Inklusif Capai 75%
Aksi Indonesia Menabung, Menko Darmin Bidik Keuangan Inklusif Capai 75%
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian Darmin Nasution selaku Ketua Harian Dewan Nasional Keuangan Inklusif (DNKI) menargetkan indeks keuangan inklusif tahun ini mencapai 75%. Atau meningkat pesat dibandingkan lima tahun lalu yang bermula di angka 36%.

“Strategi Nasional Keuangan Inklusif (SNKI) penting, agar masyarakat aware terhadap lembaga keuangan, meyakinkan masyarakat untuk menggunakan lembaga keuangan,” ujar Menko Darmin Nasution di Jakarta, Kamis (11/7/2019).

Sambung dia mengatakan, terdapat 5 (lima) pilar dalam SNKI antara lain edukasi keuangan, hak properti masyarakat fasilitas intermediasi dan saluran distribusi keuangan, layanan keuangan pada sektor pemerintah dan perlindungan konsumen.

“Kelima pilar SNKI ini harus ditopang oleh tiga faktor yaitu: Kebijakan dan regulasi kondusif; infrastruktur dan teknologi informasi keuangan yang mendukung, serta organisasi dan mekanisme implementasi yang efektif,” kata Menko Darmin.

Dalam kesempatan yang sama, Deputi Bidang Koordinasi Ekonomi Makro dan Keuangan Kementerian Koordinator Bidang Perekonomian selaku Ketua Sekretariat DNKI Iskandar Simorangkir menjelaskan terdapat 5 (lima) program kerja keuangan inklusif 2019, antara lain perlindungan literasi keuangan dan perlindungan konsumen.

Ditambah perluasan pembukaan rekening, mempercepat sertifikasi hak properti masyarakat yang dapat dijadikan agunan, optimalisasi layanan agen bank; dan peningkatan layanan keuangan digital dan transaksi nontunai.

Dalam rakor yang juga dihadiri Ketua Dewan Komisioner Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Wimboh Santoso ini, pemerintah dan OJK turut mendorong Program Aksi Indonesia Menabung sebagai kebijakan strategis dan berdampak luas guna mendorong masyarakat untuk menabung di layanan keuangan formal.

“Dengan adanya aksi ini, kesadaran dan pemahaman masyarakat akan kegunaan dari rekening yang mereka miliki akan meningkat. Segmennya mulai dari pelajar, pemuda, petani dan nelayan, perempuan, hingga pekerja swasta,” ungkap Menko Darmin.

Menko Darmin pun menghimbau agar aksi Indonesia menabung dibuat semenarik mungkin dalam sosialisasi, edukasi, dan publikasi menggunakan materi kampanye seperti jingle, billboard, TVC, brosur, dan bentuk lain yang efektif menyasar masyarakat.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 1.4881 seconds (0.1#10.140)