Harga Minyak Mentah Dunia Lebih Rendah di Bayangi PDB China

Senin, 15 Juli 2019 - 11:49 WIB
Harga Minyak Mentah Dunia Lebih Rendah di Bayangi PDB China
Harga Minyak Mentah Dunia Lebih Rendah di Bayangi PDB China
A A A
SINGAPURA - Harga minyak mentah dunia tergelincir pada perdagangan, Senin (15/7/2019) setelah China membukukan pertumbuhan ekonomi kuartalan paling lambat setidaknya dalam 27 tahun. Hal itu memperkuat kekhawatiran tentang permintaan pada importir minyak mentah terbesar di dunia.

Dilansir Reuters hari ini, harga minyak mentah berjangka Brent yang menjadi patokan Internasional mengalami penurunan 21 sen menjadi USD66,51 per barel pada pukul 02.22 GMT. Sementara harga minyak mentah Amerika Serikat (WTI) menyusut 28 sen ke posisi USD59,93 per barel.

Kedua kontrak pekan lalu membukukan kenaikan mingguan terbesar dalam tiga minggu terakhir akibat pemotongan produksi minyak AS dan ketegangan diplomatik di Timur Tengah. Selanjutnya kilang di jalur Badai Tropis Barry terus beroperasi, meskipun ada ancaman banjir.

Sementara badai telah memangkas output minyak mentah Teluk Meksiko mencapai sebesar 73% yang setara dengan 1,38 juta barel per hari. Diungkapkan bahwa premi risiko dari badai tropis Barry, diprediksi membuat permintaan minyak lebih rendah.

Ditambah mulai meredanya kabar ketegangan dari Timur Tengah mungkin bisa sedikit meredam efek hal di atas terhadap harga minyak, menurut Stephen Innes selaku managing partner di Vanguard Markets yang berbasis di Bangkok.

Pertumbuhan ekonomi China melambat menjadi 6,2% pada kuartal kedua dari tahun sebelumnya, sejalan dengan ekspektasi para analis, dengan permintaan di dalam negeri dan luar negeri goyah ketika perang perdagangan A.S dan China terus menggigit.

Namun output industri dan penjualan ritel China mengalahkan perkiraan, "Hal ini menunjukkan bahwa ekonomi di China lebih sehat daripada data yang sebelumnya kami berikan," kata Michael McCarthy, kepala strategi pasar di CMC Markets, Sydney.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6270 seconds (0.1#10.140)