MNC Land Akan Bangun Sirkuit MotoGP di KEK Lido City, Siap Bersaing dengan Mandalika

Senin, 22 Juli 2024 - 19:30 WIB
loading...
MNC Land Akan Bangun...
PT MNC Land Tbk (KPIG) berencana akan membangun sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido City, Bogor, Jawa Barat. FOTO/MNC Media
A A A
JAKARTA - PT MNC Land Tbk (KPIG) berencana akan membangun sirkuit MotoGP di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Lido City, Bogor, Jawa Barat.

Direktur Utama KPIG M. Budi Rustanto menjelaskan saat ini MNC Land telah memiliki lahan sekitar 3.000 hektar sebanyak 1.040 hektar sudah ditetapkan sebagai Kawasan Ekonomi Khusus sesuai dengan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 69 Tahun 2021 tentang Kawasan Ekonomi Khusus.

"Secara singkat bahwa itu dalam kawasan di Bogor ada sekitar 3.000 hektar kemudian 1.040 hektar sudah kita declair sebagai KEK. Sisanya akan kita kembangkan sesuai kebutuhan. Salah satunya itu akan kami kembangkan dalam perencanaan kami akan membuat sirkuit MotoGP seperti yang di Mandalika," ujar Budi dalam acara Public Expose Insidentil PT MNC Land Tbk (KPIG) di Jakarta, Senin (22/7/2024).



Namun demikian, Budi belum menjelaskan secara rinci kaitannya dengan rencana pembangunan sirkuit di KEK Lido City. Sebab menurutnya, pengembangan KEK ini merupakan proyek jangka panjang dengan rentan waktu 15-20 mendatang. Harapannya dengan pengembangan KEK ini bisa menjadi stimulus mendorong perekonomian disekitar lokasi pembangunan.

Pada kesempatan yang sama, Direktur Keuangan MNC Land, Alex Wardhana menambahkan pada tahun tahun 2024 ini KPIG menyiapkan setidaknya Rp1 triliun untuk belanja modal atau capital expenditure (capex). Alex menjelaskan, pada tahun 2025 kemungkinan perseroan juga berencana menyiapkan capex dengan nominal yang sama. Hal itu untuk mendukung pembangunan proyek baru, maupun penyelesaian proyek-proyek yang saat ini tengah dibangun.

"Tahun depan kita harapkan mungkin project baru lagi, kita berencana sekitar Rp1 triliun juga, karena proyek kita memang lumayan cukup besar yang di KEK," tambah Alex.



Sebagai world-class entertainment hospitality destination, KEK Lido merupakan KEK pertama di Jabodetabek dan yang terdekat dari Jakarta, dengan akses langsung melalui jalan Tol Bocimi.

Terletak di antara Gunung Salak, Gede, dan Pangrango, KEK Lido memiliki udara sejuk yang nyaman antara 22-25ËšC sepanjang tahun karena berlokasi di ketinggian 600 meter di atas permukaan laut. KEK Lido seluas 1.040 hektar merupakan bagian dari total 3.000 hektar kawasan pariwisata MNC Lido City yang akan dibangun secara bertahap. Pada pembangunan tahap 1, saat ini telah dibangun sejumlah sarana atraksi yang siap menjadi daya tarik investasi dan kedatangan wisatawan mancanegara dan nusantara.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1199 seconds (0.1#10.140)