JK Ibaratkan Inflasi Seperti Menjaga Tekanan Darah

Kamis, 25 Juli 2019 - 12:55 WIB
JK Ibaratkan Inflasi Seperti Menjaga Tekanan Darah
JK Ibaratkan Inflasi Seperti Menjaga Tekanan Darah
A A A
JAKARTA - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengharapkan agar inflasi di Indonesia tetap stabil. JK pun mengibaratkan menjaga inflasi seperti menjaga tekanan darah.

Pasalnya, inflasi yang tinggi bisa membuat perekonomian Indonesia tidak sehat. Hal yang sama juga terjadi manakala inflasi terlalu rendah yang membuat ekonomi tidak seimbang. Paling ideal, inflasi harus dijaga agar tetap stabil.

"Jadi, bicara menjaga inflasi agar tetap stabil itu seperti menjaga tekanan darah kita. Kalau hipertensi kita bisa pingsan, kalau hiperinflasi ekonominya akan ambruk. Tapi, kalau inflasinya rendah sekali juga 'pingsan'," ujar JK saat membuka Rakornas X Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) 2019 di Jakarta, Kamis (25/7/2019).

Dia pun mengungkapakan bicara inflasi bukan sekedar satu harga yang naik, lebih jauh lagi hal itu bisa membuat ketidakseimbangan antara uang dan barang. Inflasi tinggi jika ada kenaikan pada semua harga barang.

"Jadi, kalau hanya harga cabai yang naik itu bukan inflasi, meskipun kenaikan harga itu tetap disertakan dalam perhitungan inflasi," katanya.

JK meminta agar inflasi jangan terlalu rendah tapi harus ringan, sehingga keseimbangan ekonomi bisa terjaga. Hal itu harus dikerjakan oleh pemerintah dan juga Bank Indonesia (BI) dengan menjaga distrubusi.

"Kita harapkan BI dan stakeholder lainnya bisa menjaga inflasi dengan seimbang, sehingga perekonomian berjalan harmonis, pendapatan naik dan kemiskinan turun," jelasnya.
(ind)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.8105 seconds (0.1#10.140)