alexametrics

BI Perkirakan Inflasi Bulan Juli 0,23%

loading...
BI Perkirakan Inflasi Bulan Juli 0,23%
Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo. Foto/SINDOnews/Rina Anggraeni
A+ A-
JAKARTA - Bank Indonesia (BI) memperkirakan inflasi pada akhir Juli 2019 mencapai 0,23% secara bulanan (month to month/mtm) dan 3,2% secara year on year (yoy). Hasil ini berdasarkan survei pemantauan harga yang dilakukan bank sentral selama minggu ketiga bulan ini.

"Update mengenai inflasi sesuai dengan informasi pemantauan harga sampai dengan minggu keempat bulan Juli, inflasi sebesar 0,23% secara bulanan. Kalau secara tahunan 3,23%. Artinya masih tetap rendah. Insya Allah, ini mengkonfirmasikan titik sasaran kami di 3,5%," terang Gubernur Bank Indonesia Perry Warjiyo di Jakarta, Jumat (26/7/2019).

Dia mengatakan faktor inflasi akhir Juli disumbang dari cabai rawit yang mencapai 0,12% dari inflasi. Faktor musim telah menganggu pasokan cabai rawit sehingga harganya meningkat.



"Karena musim panen di luar jadwal dan pola konsumsi kita biasa pedas. Karena itu, jangan pakai fresh cabai sekarang. Mulai ada cabai pasta, cabai kering, tetap enak dan rasanya pedasnya tetap berasa," katanya.

Selain cabai rawit, faktor pendorong inflasi lainnya adalah emas, yang mana menyumbang 0,4%. Hal ini disebabkan pola konsumsi di masyarakat.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak