Tinggal di Negara Rawan Gempa, Jenis Asuransi Ini Wajib Dimiliki

Sabtu, 03 Agustus 2019 - 18:14 WIB
Tinggal di Negara Rawan Gempa, Jenis Asuransi Ini Wajib Dimiliki
Tinggal di Negara Rawan Gempa, Jenis Asuransi Ini Wajib Dimiliki
A A A
JAKARTA - Tinggal di negara yang rawan gempa seperti Indonesia, beberapa jenis asuransi dinilai perlu dimiliki masyarakat untuk recovery dampak kerusakan yang terjadi. Hal itu tentunya perlu perencanaan yang harus dilakukan, agar bencana yang menimpa Anda tidak merugikan.

Perencana Keuangan Eko Endarto mengungkapkan, masyarakat harus memilih jenis asuransi yang bisa menjamin kerugian jika terkena bencana alam, salah satunya gempa. "Jadi memang kita punya banyak lempeng yang sangat berpotensi terjadi gempa dan juga memiliki banyak gunung berapi yang membuat bencana alam akan terus terjadi," ujar Eko saat dihubungi SINDONews di Jakarta, Sabtu (3/8/2019).

Jadi karena itu, terang dia dibutuhkan perlindungan asuransi agar mengcover semua. Lantas, jenis asuransi apa yang perlu dipilih saat anda tinggal di negara yang sering terjadi Gempat, berikut jenisnya yakni Asuransi Jiwa.

Asuransi ini jelas berbeda dengan asuransi kesehatan yang memberikan perlindungan di bidang kesehatan (sakit, melahirkan, atau kecelakaan). Asuransi jiwa lebih mengarah pada perlindungan dari kerugian finansial yang terjadi karena kematian anggota keluarga yang berperan sebagai pencari nafkah.

Selanjutnya ujar Eko menerangkan asuransi kesehatan, yakni sistem penanggungan biaya medis oleh instansi penyedia asuransi. Tentunya, orang sakit yang ditanggung pengeluaran medisnya ini adalah orang yang sudah terdaftar dalam sebuah asuransi.

Seperti yang sudah diketahui, menurutnya risiko mengalami sakit itu tidak bisa ditebak dengan pasti. Maka terang dia, pada saat inilah asuransi bisa jadi penyelamat Anda dari kerugian besar akibat biaya perawatan medis. "Kalau tiba-tiba sakit atau jatuh saat gempa, asuransi ini perlu Anda wajib miliki," jelasnya.

Terakhir yakni asuransi rumah, dimana diterangkan oleh Eko Endarto bahwa sebagian besar orang akan menganggap bahwa rumah adalah sebuah aset dan pencapaian yang sangat besar dalam hidup mereka. "Maka hal ini tentu sangat wajar, mengingat rumah didapatkan dengan proses yang sangat panjang serta kerja keras selama kurun waktu yang cukup lama," jelasnya.

Dengan melihat fakta di atas, maka sudah sewajarnya Anda akan selalu menginginkan segala perawatan dan perlindungan yang terbaik untuk rumah Anda. Hal ini akan mencegah Anda mengalami sejumlah risiko kerugian yang bisa datang sewaktu-waktu menimpa rumah, karena pada dasarnya tak seorang pun dari Anda yang bisa memprediksi kapan musibah akan datang.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5385 seconds (0.1#10.140)