alexametrics

Inflasi Agustus Capai 0,12%, BI Minta Waspada Musim Kemarau

loading...
Inflasi Agustus Capai 0,12%, BI Minta Waspada Musim Kemarau
Logo Bank Indonesia. Foto/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Badan Pusat Statistik (BPS) merilis data inflasi bulan Agustus 2019 masih terkendali, yaitu inflasi sebesar 0,12% (mtm) atau mencapai 3,49% (yoy). Tingkat inflasi Agustus masih berada di target inflasi 3,5±1%.

Meski angka inflasi masih terkendali, Bank Indonesia meminta pemerintah mewaspadai musim kemarau yang lebih panjang di tahun ini. Tantangan musim kemarau yang panjang bisa berdampak pada pasokan dan harga bahan pangan, yang ujungnya bisa meningkatkan inflasi.

"Bank Indonesia tetap konsisten menjaga stabilitas harga dan memperkuat koordinasi kebijakan dengan pemerintah, baik di tingkat pusat maupun daerah, untuk memastikan inflasi tetap rendah dan stabil ditengah tantangan gangguan cuaca akibat kemarau panjang yang diperkirakan dapat berdampak pada pasokan dan harga bahan pangan," ujar Direktur Eksekutif Komunikasi BI, Onny Widjanarko di Jakarta, Senin (2/9/2019).



BPS menyatakan inflasi Agustus 2019 terjadi karena adanya kenaikan harga yang ditunjukkan oleh naiknya sebagian besar indeks kelompok pengeluaran. Diantaranya pada kelompok makanan jadi, minuman, rokok, dan tembakau sebesar 0,26%.

Kemudian kelompok perumahan, air, listrik, gas, dan bahan bakar sebesar 0,23%. Selanjutnya kelompok sandang 0,88%, kelompok kesehatan 0,59%, serta kelompok pendidikan, rekreasi, dan olahraga sebesar 1,21%.

Adapun kelompok pengeluaran yang mengalami penurunan indeks, yaitu kelompok bahan makanan 0,19% dan kelompok transportasi, komunikasi, dan jasa keuangan sebesar 0,55%.
(ven)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Disqus
  • Facebook
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak