Fasilitas Pencairan CO2 Terbesar Siap Dibangun di Kaltim

Kamis, 15 Agustus 2024 - 21:00 WIB
loading...
Fasilitas Pencairan...
KPI dan TRIPATRA berkolaborasi membangun fasilitas pencairan CO2 terbesar di Indonesia. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - Berkolaborasi dengan PT Kaltim Parna Industri (KPI), PT Tripatra Engineers and Constructors (TRIPATRA) siap membangun fasilitas pencairan CO2 terbesar di Indonesia, tepatnya di Bontang, Kalimantan Timur (Kaltim).

Proyek ini merupakan upaya untuk mengurangi emisi karbon dan menciptakan potensi ekonomi dari karbon dioksida di Indonesia.

Presiden Direktur & CEO TRIPATRA Raymond N. Rasfuldi, mengatakan, kerja sama dengan KPI merupakan langkah signifikan bagi TRIPATRA dalam mendorong inovasi di sektor industri.

"Berangkat dari kedua hal tersebut, TRIPATRA dan KPI akan memanfaatkan by-product CO2 dari pabrik Amoniak KPI yang diolah menjadi produk bernilai tambah komersial (Carbon Capture and Utilization/CCU)" ujar Raymond, dikutip Kamis(15/8/2024).

Baca Juga: Menparekraf Sandiaga Uno: Pantai Nipah-Nipah Masuk Dalam Daftar 50 Desa Wisata Terbaik

Dia mengatakan CCU adalah teknologi yang menangkap karbon dioksida (CO2) yang dihasilkan dari proses industri dan pembangkit listrik.

"Dengan rencana kapasitas produksi sebesar 300 metrik ton per hari, fasilitas ini akan menjadi yang terbesar di Indonesia dengan menghasilkan CO2 berkualitas pangan," ujarnya.

Dengan fokus pada penerapan teknologi penangkapan karbon untuk utilisasi karbon dan pengurangan emisi, pihaknya berupaya menyediakan solusi berkelanjutan bagi transisi energi dan percepatan hilirisasi.

"Kami akan memastikan proyek ini dilaksanakan secara efisien dengan standar kualitas dan keamanan tertinggi," tandasnya.

Hari Supriyadi, Presiden Direktur PT Kaltim Parna Industri mengatakan, kemitraan dengan TRIPATRA ini merupakan langkah penting dan strategis dalam upaya menjaga keberkelanjutan.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1214 seconds (0.1#10.140)