PIS Manfaatkan Sistem Irigasi Tenaga Surya di Dusun Compang

Sabtu, 17 Agustus 2024 - 21:05 WIB
loading...
PIS Manfaatkan Sistem...
PIS melakukan pemanfaatan energi terbarukan PLTS untuk pompa air di Dusun Compang Desa Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, NTT. FOTO/dok.SINDOnews
A A A
JAKARTA - PT Pertamina International Shipping (PIS) melakukan pemanfaatan energi terbarukan Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) untuk pompa air di Dusun Compang Desa Golo Mori, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT).

Penyediaan pompa air bertenaga surya yang merupakan bagian program Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) dan salah satu inisiasi program Desa Energi Berdikari (DEB) oleh PIS. Desa Golo Mori merupakan desa pesisir di wilayah selatan Flores Bagian Barat yang berbatasan langsung dengan Pulau Rinca, Taman Nasional Komodo.

Sedangkan Dusun Compang merupakan salah satu dusun di Desa Golo Mori yang menjadi area percontohan atau demonstration plot (demplot) untuk penyediaan sarana perairan untuk agrikultur di area Taman Nasional Komodo atau Program Water for Agriculture yang bekerja sama dengan Komodo Water, sebuah organisasi nirlaba.

Di Demplot ini diberikan suatu metode penyuluhan pertanian kepada petani dengan cara membuat lahan percontohan, agar petani bisa melihat dan membuktikan pengaruh intervensi teknologi terhadap tanaman.

Tua Golo Dusun Compang Muhammad Tayeb menyambut antusias program bantuan ini karena sangat membantu masyarakat petani di Dusun Compang. Menurutnya, ini bisa meningkatkan hasil pertanian warga setempat.

"Kami atas nama warga Dusun Compang sangat berterima kasih atas bantuan ini, harapannya dengan adanya pompa air bertenaga surya ini dapat meningkatkan hasil pertanian yang didominasi oleh sayur mayur untuk dimanfaatkan oleh warga kami mengingat kendala kami disini sebagian besar terkait air bersih," kata Tayeb dalam pernyataannya, dikutip Sabtu (17/8/2024).



Senada, Direktur Perencanaan Bisnis PIS Eka Suhendra berharap, pompa air bertenaga surya ini bisa senantiasa dimanfaatkan oleh warga setempat untuk meningkatkan pendapatan ekonomi.

"Semoga dengan adanya pemanfaatan pompa air bertenaga surya untuk demplot pertanian ini dapat meningkatkan produksi sayur mayur dusun ini dan dapat meningkatkan pendapatan ekonomi warga," ujar Eka.

Pemanfaatan pompa air bertenaga surya ini digunakan untuk perairan pertanian di empat Demplot dengan total kapasitas PLTS terpasang sebesar 1.580 Wp dengan penerima manfaat sebanyak 100 Kepala Keluarga (KK).

Program Desa Energi Berdikari ini merupakan bagian dari program besar BerSEAnergi untuk Laut oleh PIS, khususnya yang menyasar pada kesejahteraan masyarakat pesisir.

Baca Juga: Ajaib, Plester Ini Ubah Keringat Jadi Tenaga Baterai

Program ini juga selaras dengan tujuan pembangunan berkelanjutan (TPB/SDGs) poin 3 (kehidupan sehat dan sejahtera), poin 6 (air bersih dan sanitasi layak) dan poin 7 (energi bersih dan terjangkau).
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1183 seconds (0.1#10.140)