Setara Tanam Ratusan Ribu Pohon, Lippo Malls Terapkan Sistem dan Tindakan Hemat Energi

Jum'at, 23 Agustus 2024 - 10:48 WIB
loading...
Setara Tanam Ratusan...
Selain melakukan tindakan hemat energi, kedua mal tersebut juga melakukan sistem penampungan air hujan yang telah menghasilkan penghematan air sebesar 31% di Lippo Mall Puri dan 35% di Sun Plaza. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Sejalan dengan strategi PT Lippo Karawaci Tbk terhadap perubahan iklim, PT Lippo Malls Indonesia menerapkan sistem dan tindakan hemat energi yang telah menghasilkan penghematan energi di dua flagship mal yang dikelola, yaitu penghematan sebesar 21% di Lippo Mall Puri dan 24% di Sun Plaza Medan, pada tahun 2023. Penghematan ini setara dengan penanaman 182.000 pohon per tahun untuk Lippo Mall Puri dan 146.000 pohon untuk Sun Plaza Medan.

Selain melakukan tindakan hemat energi, kedua mal tersebut juga melakukan sistem penampungan air hujan yang telah menghasilkan penghematan air sebesar 31% di Lippo Mall Puri dan 35% di Sun Plaza. Inisiatif-inisiatif ini menghasilkan penghematan biaya utilitas sebesar Rp 9.087,43 miliar dan Rp 8.495,41 miliar per tahun untuk Lippo Mall Puri dan Sun Plaza.

Atas komitmen sistem dan tindakan hemat energi yang dilakukan oleh dua flagship mal ini, Lippo Malls Indonesia berhasil memperoleh sertifikat EDGE (Excellence in Design for Greater Efficiencies) yang merupakan standar bangunan hijau dan sistem sertifikasi global yang dikembangkan oleh International Finance Corporation ("IFC"), anggota Grup Bank Dunia.

Sertifikasi EDGE diberikan kepada bangunan yang menunjukkan efisiensi sumber daya minimal 20% dalam hal energi, air, dan energi yang terkandung dalam material dibandingkan dengan bangunan konvensional. Di Indonesia, sertifikasi EDGE dikeluarkan oleh Green Building Council Indonesia ("GBCI").

Setara Tanam Ratusan Ribu Pohon, Lippo Malls Terapkan Sistem dan Tindakan Hemat Energi


Sun Plaza sendiri merupakan gedung pertama di Kota Medan yang berhasil mendapatkan sertifikasi Green Building EDGE setelah melalui berbagai rangkaian kriteria yang cukup ketat. Di seluruh Indonesia, hingga saat ini, baru terdapat sekitar 120-an gedung yang telah tersertifikasi EDGE.

Perolehan sertifikat EGDE sejalan dengan komitmen Lippo Malls Indonesia untuk melakukan langkah signifikan dalam meningkatkan efisiensi sumber daya, dengan menerapkan desain yang berkelanjutan dan praktik-praktik terbaik di bidang lingkungan hidup dalam setiap kegiatan operasionalnya.

Marlo Budiman selaku President Director PT Lippo Malls Indonesia menyampaikan,”ESG adalah salah satu aspek dalam bisnis yang dinilai dan ditindak lanjuti dengan serius oleh Lippo Malls Indonesia.

Penghematan energi dan air yang terverifikasi oleh EDGE ini bukan hanya dilihat sebagai penghematan biaya operasional, tetapi juga dampak lingkungan yang berkurang secara signifikan melalui kinerja Perusahaan yang memperhatikan keberlanjutan.”
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1101 seconds (0.1#10.140)