Tips Wujudkan Rumah Pertama buat Anak Muda, Manfaatkan KPR Solusi BRI

Senin, 26 Agustus 2024 - 11:31 WIB
loading...
Tips Wujudkan Rumah...
(foto: BRI)
A A A
JAKARTA - Sebagai tempat bernaung, rumah merupakan kebutuhan primer yang harus dimiliki semua orang. Namun, harganya yang terus melambung tinggi membuat generasi muda masa kini kesulitan untuk memiliki rumah apalagi dengan harga-harga kebutuhan rumah tangga yang juga terus melonjak karena inflasi.

Meskipun harganya terus melambung, ada sejumlah alasan yang perlu dipertimbangkan agar kamu tak menunda rencana membeli rumah. Pertama, harganya yang terus naik secara signifikan bahkan rata-rata di kota besar harga 1 rumah di atas Rp 1 miliar.

Lahan perumahan yang terus berkurang juga bisa jadi pertimbangan untuk tidak menunda membeli rumah. Belum lagi usia yang terus bertambah, perlu dipertimbangkan apalagi jika kamu akan membeli rumah dengan mencicil karena batas usia pelunasan kredit biasanya 55 tahun.

Nah, bagi kamu yang tak mau menunda dan ingin segera membeli rumah pertama, ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebagai berikut dilansir dari berbagai sumber:

1. Menabung Uang Muka dengan Disiplin
Meski terbantu adanya skema cicilan, kamu pun perlu menyiapkan uang muka yang jumlahnya bergantung pada harga rumah yang mau dibeli. Agar tak merasa keberatan dengan syarat uang muka/down payment (DP) ini, cobalah menabung secara disiplin dan sedikit berhemat.

Langkah awal yang bisa kamu lakukan adalah menabung dari penghasilan dengan menyisihkan penghasilanmu. Dengan pengelolaan keuangan yang tepat, kamu bisa mengumpulkan uang muka dengan cepat pula.

2. Pilih Lokasi Strategis
Cek kembali lokasi rumah yang ingin kamu beli. Selain memastikan harga yang terjangkau, jangan lupa utamakan akses yang strategis khususnya akses menuju tempat kerja dan fasilitas umum lainnya seperti sekolah, pasar, pusat perbelanjaan, rumah sakit, dan lain sebagainya.

Waspadai juga risiko banjir atau tanah longsor saat mengecek lokasi rumah impianmu agar dapat terhindar dari bahaya.

3. Sesuaikan dengan Kondisi Finansial
Paling penting, sesuaikan rumah impianmu dengan kondisi finansial dan budget yang kamu miliki. Pahami lebih dulu kondisi finansial sebelum membeli rumah dengan membuat perencanaan keuangan jangka panjang. Kamu pun bisa membuat perkiraan peningkatan penghasilan dalam beberapa tahun ke depan sebagai pertimbangan.

Tak perlu pusing, buat kamu yang ingin segera membeli rumah pertama kamu pun bisa manfaatkan hadirnya KPR Solusi dari BRI. KPR Solusi merupakan produk KPR khusus yang dapat membantumu membeli aset lelang/non-lelang untuk pembelian agunan lelang rumah tinggal, apartemen, ruko, rukan, dan tanah siap bangun lainnya.
Tips Wujudkan Rumah Pertama buat Anak Muda, Manfaatkan KPR Solusi BRI

Foto: dok. BRI
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1554 seconds (0.1#10.140)