Jasa Marga Targetkan Divestasi 35% Saham Tol Trans Jawa Rampung Bulan Depan

Rabu, 28 Agustus 2024 - 21:27 WIB
loading...
Jasa Marga Targetkan...
Jasa Marga menargetkan proses divestasi atau pelepasan 35% saham di PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku operator tol Trans Jawa akan rampung pada bulan September 2024. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - PT Jasa Marga (Persero) Tbk (JSMR) menargetkan proses divestasi atau pelepasan 35% saham di PT Jasamarga Transjawa Tol (JTT) selaku operator tol Trans Jawa akan rampung pada bulan September 2024 mendatang.

"Proses divestasi JTT saat ini masih berlangsung dan ditargetkan dapat selesai pada bulan September 2024 ini," ujar Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Jasa Marga, Pramitha Wulanjani dalam Public Expose Live 2024, Rabu (28/8/2024).



Lebih jauh, Paramitha menjelaskan saat ini proses divestasi tersebut sudah memasuki tahap penandatanganan Conditional Share Purchase Agreement (CSPA) antara Jasa Marga dengan strategic partner yaitu konsorsium dari GIC (Government of Singapore Investment Corporation) dan MPTC (Metro Pacific Tollways Corporation).

Konsorsium tersebut terdiri dari Warrington Investment Pte. Ltd. (Warrington), PT Metro Pacific Tollways Indonesia Services (MPTIS), dan PT Marga Utama Nusantara (MUN).

"CSPA sudah ditandatangani pada 28 Juni 2024 lalu, dan saat ini kami dalam proses penyelesaian untuk pemenuhan syarat-syarat pendahuluan yang tertuang dalam dokumen CSPA tersebut," kata Paramitha.

"Kita berharap proses ini akan selesai sesuai target dan tentu proses ini akan terus menggunakan prinsip-prinsip good corporate governance di setiap tahapannya, sehingga penandatanganan share purchase agreement nantinya diharapkan bisa sesuai dengan target yang diharapkan," tambahnya.

Disamping itu, dalam menjaga pertumbuhan kinerja dan mengelola kesehatan finansial hingga akhir tahun 2024, Jasa Marga konsisten melakukan sejumlah inisiatif strategis.

Sekedar informasi tambahan, PT JTT merupakan salah satu anak usaha dari PT Jasa Marga (Persero) Tbk. PT JTT sendiri merupakan operator dari sejumlah ruas tol yang berada di pulau jawa.

Hingga saat ini, PT JTT setidaknya mengelola 13 ruas jalan tol di Trans Jawa dengan total panjang 673,21 Km. Meliputi Ruas tol Jakarta - Cikampek sepanjang 83 Km, Ruas Tol Mohamed Bin Zayed sepanjang 38 Km, Ruas Tol Palimanan Kanci sepanjang 28,74 km, Ruas tol Semarang seksi A,B,C sepanjang 24,75 Km.

Selain itu ada Ruas Tol Semarang - Batang dengan panjang 74,9 Km, Ruas Tol Surabaya - Gempol sepanjang 49 Km, Ruas tol Semarang - Solo sepanjang 72,6 Km, Ruas Tol Solo - Ngawi sepanjang 91,09 Km, Ruas Tol Ngawi - Kertosono sepanjang 88,57 Km, Ruas Tol Surabaya - Mojokerto sepanjang 36,72 Km.

Kemudian ada juga Ruas Tol Gempol - Pandaan sepanjang 13,6 Km, Ruas Tol Pandaan - Malang sepanjang 38,49 Km, serta Ruas Tol Gempol - Pasuruan sepanjang 34,2 Km.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1223 seconds (0.1#10.140)