10 Negara BRICS Ambil Alih Pertumbuhan Ekonomi Tercepat di Dunia

Kamis, 29 Agustus 2024 - 09:10 WIB
loading...
10 Negara BRICS Ambil...
India, China dan Rusia masuk 5 besar pertumbuhan ekonomi tercepat di dunia. FOTO/Flickr
A A A
JAKARTA - Ekonomi global telah mengalami pergeseran besar-besaran selama dua tahun terakhir. BRICS telah menjadi bagian besar dari hal tersebut dengan negara-negara aliansi mendominasi daftar 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Mereka berhasil mendorong Amerika Serikat (AS) menjauh dari dalam daftar.

Blok tersebut secara terbuka ingin mengubah status quo keuangan dengan upaya dedolarisasi yang sedang berlangsung. Hal ini tampaknya membuahkan hasil dengan klasemen ekonomi yang menunjukkan transisi kekuasaan global.

Pergeseran Global

AS selama ini telah menjadi kekuatan global yang dominan selama beberapa dekade. Pengaruhnya tidak dapat disangkal di tengah keunggulan dolar di seluruh dunia.

Namun tampaknya sekarang sudah mulai berubah. Menurut pandangan Dana Moneter Internasional (IMF) aliansi BRICS telah menawarkan ekonomi dengan potensi yang luar biasa.

Baca Juga: Jenderal Top Ukraina Akui Kegagalan Utama di Kursk Rusia

Sementara, Badang Keuangan Perserikatan Bangsa-bangsa (PBB) melaporkan bahwa BRICS mendominasi daftar 10 negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. Dalam sebuah laporan, India, China dan Rusia masuk 5 besar pertumbuhan ekonomi tercepat dan AS turun posisi ke-7.

India berada di posisi teratas pada 2024. IMF mencatat bahwa ekonomi negara ini diperkirakan akan tumbuh 6,5% pada tahun 2025, dan sudah memiliki angka PDB terbesar kelima di dunia. Namun, negara ini seharusnya dapat naik ke posisi tiga besar di tahun mendatang.

Baik China dan Rusia adalah negara dengan pertumbuhan ekonomi tercepat kedua dan kelima di dunia. Adapun China diprediksi tumbuh 4,5% pada 2025 dengan Moskow akan tumbuh 3,2%.

Baca Juga: Mengapa Palestina Ingin Gabung BRICS saat Israel Brutal Gempur Gaza?

Dua negara ini sangat penting bagi BRICS karena mereka menampilkan eksplorasi lanjutan ke dalam penyelesaian perdagangan. Melansir dari WatcherGuru, mereka dapat mendorong transaksi perdagangan unilateral lebih lanjut dengan berbagai inisiatif baru.

Brasil adalah negara BRICS tertinggi berikutnya dan berada di urutan ke-11 dengan pertumbuhan ekonomi tercepat. IMF memproyeksikan bahwa negara Amerika Selatan ini akan tumbuh 2,4% di tahun mendatang. Negara ini memiliki ekonomi terbesar ke-9 dalam hal PDB.
(nng)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0977 seconds (0.1#10.140)