Partisipasi di Pameran JISTE 2024 di Jepang, Produk Hasil Laut Indonesia Catat Transaksi Potensial USD 35,8 Juta

Jum'at, 30 Agustus 2024 - 21:17 WIB
loading...
A A A
Tahun ini, sekitar 25.000 pengunjung hadir dari berbagai negara, termasuk distributor, penjual grosir, dan ritel produk perikanan. Pameran ini diisi lebih dari 1.000 stan dan diikuti oleh 15 negara partisipan, yaitu Amerika Serikat, Norwegia, Kanada, Jerman, Vietnam, Taiwan, India, Tiongkok, dan Korea Selatan.

Wakil Duta Besar RI untuk Jepang, Maria Renata Hutagalung dalam sambutannya saat membuka Paviliun Indonesia menyampaikan apresiasi atas antusiasme para pelaku usaha yang datang langsung dari Indonesia untuk mempromosikan produk perikanan yang berkualitas dari Indonesia.

Ekspor produk perikanan Indonesia ke pasar Jepang, pada periode Januari-Juni 2024 tercatat sebesar USD 194,5 juta. Sementara itu, pada 2023 ekspor produk perikanan tercatat mencapai USD 463,5 juta dengan produk ekspor utama perikanan yaitu udang, cakalang, tuna, kepiting, dan moluska. Tren ekspor produk perikanan Indonesia pada periode 2019--2023 tumbuh sebesar 1,7 persen.

Negara-negara eksportir produk perikanan ke Jepang, antara lain, Chile, Tiongkok, Amerika Serikat, Rusia, Norwegia, Korea Selatan, dan Vietnam. Meskipun mendapatkan persaingan dari negara-negara eksportir tersebut, ekspor produk perikanan Indonesia diharapkan terus mengalami tren yang positif.

Hal ini mengingat potensi besar dan daya saing produk perikanan Indonesia di pasar internasional. Untuk itu, produk perikanan Indonesia harus dikelola secara berkelanjutan (sustainable) dan dapat ditelusuri (traceable).

Keberhasilan Indonesia dalam pameran JISTE 2024 adalah hasil kolaborasi yang solid antara Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kemendag RI, Perwakilan Perdagangan di Jepang (Indonesia Trade Promotion Center/ ITPC Osaka maupun Atase Perdagangan), dan Kedutaan Besar Republik Indonesia di Tokyo serta dukungan dari ASEAN Japan Center.
(ars)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0973 seconds (0.1#10.140)