Pemerintah Bangun Infrastruktur Senilai Rp2,14 Triliun di Jatim

Minggu, 08 September 2024 - 10:01 WIB
loading...
Pemerintah Bangun Infrastruktur...
Sejumlah infrastrukr jalan dan jembatan dibangun di Jawa Timur untuk memperlancar konektivitas dan mobilitas. FOTO/Dok.
A A A
JAKARTA - Pemerintah melalui APBN menggelontorkan Rp2,14 triliun untuk membangun dan memperbaiki infrastruktur jalan dan jembatan di Provinsi Jawa Timur. Pembangunan dan perbaikan infrastruktur di daerah itu dilakukan untuk memperlancar konektivitas.

"Infrastruktur tersebut tersebar di 8 kabupaten/kota Provinsi Jawa Timur yakni di Kota Kediri, Blitar, Kabupaten Tulungagung, Pacitan, Trenggalek, Bojonegoro, Kota Jember dan Kabupaten Banyuwangi," ujar Presiden Joko Widodo dalam keterangan resmi, Sabtu (8/9/2024).



Infrastruktur-infrastruktur tersebut antara lain Flyover (FO) Djuanda yang dibangun sejak tahun 2022 dengan anggaran Rp363 miliar, penggantian Jembatan Callender Hamilton (CH) sepanjang 797 meter dengan biaya Rp1,4 triliun.

Kemudian, perbaikan 11 ruas jalan daerah sepanjang 66 km dengan biaya Rp379 miliar. Presiden berharap, membaiknya konektivitas akan membuat biaya logistik semakin murah dan efisien, yang pada akhirnya meningkatkan perekonomian di daerah.



Direktur Jenderal Bina Marga Kementerian PUPR Rachman Arief Dienaputra mengatakan, kehadiran Flyover Djuanda dapat mengurangi kemacetan yang kerap terjadi di persimpangan Bundaran Aloha, tepatnya antara pertemuan Jalan Nasional Surabaya-Sidoarjo dengan Jalan Akses Bandara Juanda.

Pembangunan Flyover Djuanda dilaksanakan Balai Besar Pelaksanaan Jalan Nasional (BBPJN) Jawa Timur-Bali, Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR sejak tanggal kontrak 1 November 2022 dengan kontraktor pelaksana PT Wijaya Karya (Persero)-PT Nindya Karya (Persero), KSO.

"Flyover ini juga dapat mengurangi kepadatan dan risiko kecelakaan pada perlintasan kereta api jurusan Surabaya-Malang," tuturnya.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1610 seconds (0.1#10.140)