PetroChina Gelar Workshop Identifikasi Kebakaran dan Ledakan

Senin, 09 September 2024 - 22:28 WIB
loading...
PetroChina Gelar Workshop...
Fire & Explosion Professional Forensic Investigator Adrianus Pangaribuan memberikan pengarahan dalam workshop PCJL
A A A
JAKARTA - PT PetroChina International Jabung Ltd (PCJL) menggelar workshop "Fire & Explosion Engineering Safety Processing & Production Facility" di wilayah operasional kerjanya, Provinsi Jambi. Kegiatan itu diharapkan menambah pengetahuan tentang investigasi kebakaran dan ledakan, serta mengidentifikasi asal usul dan penyebabnya.

Kegiatan tersebut merupakan bagian dari komitmen PCJL dalam menjaga keamanan dan keselamatan kerja di sektor energi, terutama di area wilayah operasional kerja Jabung. "Kegiatan ini sangat positif dan dapat memberikan pemahaman yang mendalam mengenai penyebab terjadinya kebakaran dan ledakan," ungkap Fire & Explosion Professional Forensic Investigator Adrianus Pangaribuan dalam siaran pers, Senin (9/9/2024).

Doktor bidang engineering dari Universitas Indonesia (UI), serta pemegang pertama sertifikat Fire and Explosion Investigation (CFEI) dari National Association Fire Investigation AS dari Indonesia itu mengatakan, dengan mengenali sumber masalah, ke depan bisa diketahui hal-hal yang perlu untuk menghindari terjadinya kebakaran dan ledakan.



"Banyak sistem yang harus kita proteksi, kita lihat dulu masalahnya apa kemudian proteksinya apa, jadi bermacam-macam cara yang bisa kita lakukan untuk menghindari terjadinya masalah kebakaran dan ledakan," ujarnya.

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur Zulfaisyal mengapresiasi upaya PetroChina dalam meningkatkan keselamatan di sekitar area operasional kerja. Kegiatan tersebut, jelas dia, tidak hanya akan menjamin keselamatan pekerja, namun juga keamanan lingkungan sekitar dari risiko kebakaran dan ledakan. "Mudah-mudahan sinergi ini memberikan rasa aman kepada masyarakat, bahwa kita semua siap apabila terjadi kebakaran," tandasnya.

Kepala Dinas Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Barat Iswardi menambahkan, kegiatan workshop ini memberikan wawasan dan memperkuat kerja sama pemerintah-perusahaan. "Kegiatan yang diinisiasi PetroChina ini sangat bagus. Dalam waktu dekat kita juga akan menyamakan persepsi untuk menyiapkan sarana dan prasarana untuk tindakan preventif bila terjadi kebakaran," tuturnya.



Workshop "Fire & Explosion Engineering Safety Processing & Production Facility" ini diikuti ratusan peserta yang merupakan pekerja PetroChina, mitra kerja, dan stakeholder yang terdiri dari Damkar Provinsi Jambi, Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Barat, Damkar Kabupaten Tanjung Jabung Timur, BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Barat, dan BPBD Kabupaten Tanjung Jabung Timur.

Mengenai kegiatan itu, Field Manager PetroChina International Jabung Ltd. Rudy Hermawan mengatakan, keamanan dan keselamatan karyawan dan lingkungan operasional kerja merupakan prioritas perusahaan. PetroChina, tegas dia, berupaya untuk meningkatkan pengetahuan dan pemahaman para pekerja dan mitra kerja terkait kebakaran dan ledakan.

Hal itu juga diharapkan dapat meminimalisir risiko kebakaran dan ledakan di area operasional perusahaan. "Selain itu, untuk meningkatkan kepercayaan masyarakat terhadap komitmen perusahaan dalam menjaga keamanan dan keselamatan," tutupnya.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1750 seconds (0.1#10.140)