DPR Anggap Pertumbuhan Ekonomi Semester I Masih Stabil

Selasa, 05 November 2019 - 20:20 WIB
DPR Anggap Pertumbuhan Ekonomi Semester I Masih Stabil
DPR Anggap Pertumbuhan Ekonomi Semester I Masih Stabil
A A A
JAKARTA - Ketua Komisi XI DPR, Dito Ganinduto, mengatakan pertumbuhan ekonomi Indonesia sampai dengan semester I tahun 2019 masih tumbuh stabil pada angka 5,06%.

Angka tersebut tidak terlepas dari perlambatan ekonomi global yang berdampak ke perekonomian Indonesia lewat tiga jalur. Yakni, pasar finansial di mana aliran modal ke Indonesia dipengaruhi kebijakan moneter negara maju.

"Juga penanaman modal asing, dimana sentimen negatif memengaruhi investor confidence. Perdagangan, kinerja nonmigas tertekan, defisit neraca migas masih tinggi," tutur politikus Partai Golkar di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (5/11/2019).

Dito menambahkan nilai tukar rupiah sampai akhir Oktober 2019 sangat memengaruhi perlambatan pertumbuhan, dan ditutup pada tingkat Rp14.008 per USD.

"Angka tersebut jauh lebih baik jika dibandingkan asumsi nilai tukar dalam APBN 2019, dimana nilai tukar rupiah diasumsikan sebesar Rp15.000 per USD," kata Dito.

Ia menambahkan, pemerintah bekerja sama dengan DPR akan senantiasa memonitor tantangan kondisi ekonomi dunia yang disertai isu-isu perang dagang, pelemahan harga komoditas, dan peningkatan tensi geopolitik.

"Terlepas dari gejolak kondisi eksternal, perekonomian Indonesia hingga 2019 ini tetap terjaga dengan stabilnya kurs mata uang, inflasi, rasio utang terhadap PDB di sekitar 30%, serta defisit APBN di sekitar 2% yang masih dalam batas-batas prudent dan konservatif," paparnya.

Dito mengatakan, pemerintah bersama dengan DPR akan senantiasa berupaya menjaga stabilitas pertumbuhan ekonomi Indonesia ke depan. Terutama dalam hal mengeluarkan kebijakan yang konsisten dalam rangka mendukung stabilitas perekonomian dan menjaga daya beli masyarakat.

Memasuki tahun 2020, pemerintah bersama dengan DPR akan mengawal APBN yang akan dimanfaatkan sebagai instrumen countercyclical untuk merespons risiko pelemahan perekonomian. Penyerapan APBN terutama belanja kementerian/lembaga akan terus didorong agar tepat sasaran dan produktif sebagai upaya stimulus dalam pertumbuhan ekonomi nasional.

"Hal ini terlihat dari realisasi TKDD (transfer ke daerah dan dana desa) yang selalu tumbuh dari tahun ke tahun," katanya.

Lebih jauh Dito menuturkan, arah kebijakan pembiayaan utang 2020 adalah untuk meningkatkan produktivitas utang dengan tetap mengedepankan pengelolaan utang yang prudent guna mengendalikan risiko dan menjaga kesinambungan fiskal.

APBN 2020 diarahkan untuk mendukung hal-hal utama seperti SDM yang berkualitas, penguatan program perlindungan sosial, akselerasi pembangunan infrastuktur, birokrasi yang efisien dan bebas korupsi, anntisipasi ketidakpastian ekonomi global dan domestik.
(ven)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.6722 seconds (0.1#10.140)