Potensi Streaming Video di Asia Pasifik Diprediksi Tembus USD112,89 Miliar di 2030

Selasa, 17 September 2024 - 23:46 WIB
loading...
Potensi Streaming Video...
Tren ini menunjukkan potensi besar dari penyiaran audio dan video real-time di Asia Pasifik.Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Menurut data terbaru, pasar streaming video di Asia Pasifik diproyeksikan mencapai USD112,89 miliar pada tahun 2030, dengan pertumbuhan tahunan sebesar 22,5% sejak tahun 2023.

Pertumbuhan ini didorong oleh meningkatnya streaming melalui perangkat mobile, terutama di negara-negara seperti Indonesia dan Malaysia, dimana 69% dan 86% pengguna mengakses layanan streaming melalui smartphone.

Tren ini menunjukkan potensi besar dari penyiaran audio dan video real-time di Asia Pasifik. Melihat potensi itu, Agora menawarkan solusi koneksi antar aplikasi (APIs) real-time yang simpel, fleksibel, dan serbabisa bagi para developer untuk bisa menyematkan konten berupa suara, video, streaming interaktif, chat dan AI secara real-time ke dalam aplikasi mereka.

Dengan memanfaatkan API dari Agora, pelaku bisnis dapat mengintegrasikan konten video dan audio berkualitas tinggi dengan latensi rendah ke dalam platform mereka. Sejalan dengan perkembangan tersebut, Agora membantu menyiarkan konten dengan lebih lancar dan interaktif, sesuai dengan tren yang terus berubah di wilayah ini.



“Agora berada selangkah di depan dalam upaya membangun inovasi di berbagai industri, termasuk di sektor Sosial, Edukasi, Telekesehatan, Live Shopping, Media & Hiburan, Gaming, Future of Work dan AI Berbasis Percakapan,” kata Effie Fang, Direktur Tim Penjualan APAC Agora.

Dalam kurun waktu 10 tahun di Asia Pasifik, Agora telah menunjukkan dominasi pasar yang luar biasa. Perusahaan ini berhasil mencapai tingkat penetrasi sebesar 60% di 20 aplikasi video 1v1 dengan pendapatan tertinggi. Teknologi Agora mendukung 45% dari aplikasi kencan di Asia Tenggara dan 65% dari 20 aplikasi voice chat room top di seluruh APAC.

Tidak hanya itu, Agora telah mencatatkan tingkat penetrasi sebesar 40% di aplikasi live streaming populer – angka ini adalah yang tertinggi dibandingkan penyedia RTC lainnya. Dengan penetrasi yang solid di berbagai sektor industri, Agora pun sukses mengukuhkan posisinya sebagai market leader di Asia Pasifik.

“Solusi engagement real-time kami yang canggih memudahkan pelaku bisnis dalam menghadirkan pengalaman interaktif yang menyenangkan, yang disesuaikan untuk memenuhi beragam kebutuhan audiens global. Seiring dengan ekspansi penawaran teknologi kami, kami juga berkomitmen untuk membantu perusahaan lokal memperkuat bisnis mereka dan meraih kesuksesan global.” Ujar Effie Fang.

Lebih jauh, Agora memiliki kerjasama yang kuat dan berkelanjutan dengan perusahaan-perusahaan ternama di seluruh Asia Tenggara, seperti Tevi (Vietnam), KUMU (Filipina), Fastwork.co (Thailand), Everywhere.id (Indonesia), Soma (Korea Selatan), Parallel (Jepang), dan Ellie Baby Monitor (Malaysia) dengan hasil kolaborasi yang positif.

Misalnya, setelah mengintegrasikan fitur real-time calling dari Agora.io, Fastwork, salah satu platform freelancing terbesar di Asia Tenggara, mencatatkan peningkatan 2x lipat dalam konversi dari chat ke pembayaran, sehingga membangun koneksi yang lebih kuat antara para freelancer dan perusahaan dalam platformnya. Demikian pula, sejak mengadopsi solusi live streaming interaktif dari Agora, Everywhere.id di Indonesia telah mencatatkan peningkatan interaksi rata-rata sebesar 71%, dengan puncaknya mencapai 13 juta menit engagement setiap bulan.



Sekedar informasi tambahan, Agora sebagai pelopor penyedia koneksi antar aplikasi (APIs) real-time, semakin memperkuat posisinya sebagai market leader di kawasan Asia Pasifik dengan meraih pangsa pasar terbesar di sektor real-time communication (RTC). Perusahaan ini beroperasi secara global di lebih dari 200 negara, melayani 1.700 pelanggan per Maret 2024—meningkat 14% secara year-on-year.

Kedepannya, Agora akan mentransformasi lanskap AI dengan solusi multimodal yang serbabisa. Perusahaan ini akan menghadirkan layanan AI untuk menciptakan pengalaman yang mulus di seluruh platform suara, video, dan chat, dengan memastikan latensi ultra-rendah dan kinerja terbaik tanpa memandang kondisi jaringan.
(fch)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1412 seconds (0.1#10.140)