5 Negara Benua Amerika yang Berpotensi Gabung BRICS

Rabu, 18 September 2024 - 17:53 WIB
loading...
A A A
Pada Juli 2023, Arce mengumumkan keinginan negaranya untuk bergabung dengan BRICS. Keinginan tersebut disambut pihak Rusia yang berulang kali mengatakan, bahwa rekomendasi khusus tentang negara-negara mitra BRICS potensial akan disiapkan oleh KTT di Kazan yang akan berlangsung pada bulan Oktober.

Menteri Luar Negeri Rusia sebelumnya mengatakan, bahwa sebagai ketua bergilir integrasi pada tahun 2024, pihak Rusia bermaksud untuk membantu Bolivia lebih terlibat dalam BRICS.

2. Venezuela


Venezuela termasuk di antara negara-negara yang berusaha menjadi anggota BRICS, akan tetapi keinginan itu masih tertunda. Pada tanggal 2 Agustus, Presiden Venezuela Nicolas Maduro mengumumkan, bahwa negaranya sudah mengajukan permohonan resmi untuk bergabung dengan BRICS setelah menerima dukungan dari Lula da Silva selama pertemuan bilateral pada bulan Mei.

Meskipun tidak terintegrasi ke dalam kelompok tersebut, negara Karibia tersebut diundang ke pertemuan puncak di Johannesburg, yang dihadiri oleh Menteri Luar Negeri Yván Gil. Dalam pesan video di akhir pertemuan puncak BRICS, Presiden Maduro merayakan "pertemuan bersejarah" untuk memperluas blok tersebut dan menegaskan kembali keinginan Venezuela untuk bergabung dan membantu memajukan dunia multipolar.

“Kami yakin bahwa tatanan dunia baru ini sudah menjadi kenyataan […] dan BRICS meletakkan fondasi yang sangat kokoh bagi pembangunan sistem dunia baru yang bebas, inklusif, adil, dan saling mendukung, di mana prinsip-prinsip hukum internasional, yang terancam oleh sistem hegemoni kekaisaran lama, dipulihkan,” kata mandatori tersebut.

Maduro juga menekankan, bahwa Venezuela akan memberikan kontribusi berharga bagi blok BRICS karena negara tersebut menikmati posisi geografis istimewa di bagian Amerika Selatan. Venezuela memiliki cadangan minyak bersertifikat terbesar di dunia serta lebih dari 20% deposit besi, tembaga, dan emas dunia.

Presiden Venezuela juga mendorong dedolarisasi untuk mengatasi "penggunaan mata uang AS secara sembarangan sebagai mekanisme perang ekonomi melawan masyarakat bebas di dunia." Ia menyatakan, bahwa Caracas sudah mengumpulkan pengetahuan dalam perang melawan sanksi AS.

3. Kuba


Ketertarikan Kuba untuk memperluas hubungan dengan BRICS, dilontarkan oleh Menteri Luar Negeri Rusia, Sergey Lavrov setelah melakukan pembicaraan dengan mitranya dari Kuba, Bruno Rodriguez Parrilla.

"Kami mencatat minat teman-teman Kuba kami, dan bahkan tertarik untuk bekerja sama dengan BRICS. Sebagai ketua kelompok saat ini, Rusia akan mendukung sikap ini. Saya yakin bahwa negara-negara anggota lain akan bereaksi positif terhadap pengajuan Kuba untuk status di BRICS," kata Lavrov.

"Bidang kemanusiaan, budaya, dan pendidikan adalah bidang kerja sama yang sangat penting dengan sejarah panjang," kata diplomat tersebut.

Lavrov menekankan, bahwa selama negosiasi, Rusia dan Kuba sangat menghargai koordinasi kedua negara di panggung internasional. "Kami berbagi posisi yang sama dalam mendukung penghormatan terhadap Piagam PBB dalam semua kedalaman dan keterkaitan dari semua prinsipnya," ungkapnya.

"Kami sepenuhnya setuju tentang perlunya membangun tatanan dunia yang lebih adil dan lebih demokratis berdasarkan prinsip kesetaraan kedaulatan negara, yang diabadikan dalam Piagam Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 1945, akan tetapi telah diabaikan oleh Barat dalam hampir semua situasi yang muncul di panggung internasional sejak pembentukan PBB," ungkap Lavrov menekankan.

4. Uruguay


Bank Pembangunan Baru (NDB) – yang didirikan oleh BRICS (Brasil, Rusia, India, China, dan Afrika Selatan) pada tahun 2015 – telah menerima Uruguay sebagai anggota baru. Dewan Gubernur NDB memberi wewenang kepada Bank untuk melakukan negosiasi formal dengan calon anggota pada akhir tahun 2021.
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0936 seconds (0.1#10.140)