alexametrics

Sistem Kereta Metro Terbesar di Dunia

loading...
Sistem Kereta Metro Terbesar di Dunia
Seiring dengan tingginya permintaan perjalanan masyarakat urban, transportasi massal adalah jawabannya. Salah satu transportasi massal yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak adalah kereta. Ilustrasi/SINDOnews/Titus Jefika Heri Hendarmawan
A+ A-
SALAH satu ciri masyarakat modern adalah tingginya mobilitas warga kota. Seiring dengan tingginya permintaan perjalanan masyarakat urban, transportasi massal adalah jawabannya. Salah satu transportasi massal yang mampu mengangkut penumpang dalam jumlah banyak adalah kereta. Berikut sistem kereta metro terbesar di dunia.

1. New York City Subway, NYC, Amerika Serikat (421 stasiun)
Sistem Kereta Metro Terbesar di Dunia
Kereta bawah tanah yang terkenal di New York ini memiliki jumlah stasiun terbesar di dunia. Dibuka pada 1904, metro New York juga merupakan salah satu yang tertua (ke 8 paling tua tepatnya). Kereta bawah tanah NYC memiliki panjang total 373 km (232 mil, terpanjang ke-4 di dunia) dengan jumlah penumpang 1,7 miliar sampai 2013.
2. Paris Metro, Paris, Prancis (303 stasiun)

Sistem Kereta Metro Terbesar di Dunia




Paris Metro dibuka pada 1900- dimana ini merupakan sistem metro kelima tertua di dunia. Paris Metro memiliki 303 stasiun yang tersebar di 214 km (133 mil) dan lebih dari 1,5 miliar penumpang yang menggunakannya.

3. Madrid Metro, Madrid, Spanyol (300 stasiun)

Sistem Kereta Metro Terbesar di Dunia


Dengan jumlah stasiun hampir sama seperti Paris Metro dan total panjang lintasan lebih besar – yakni 293 km (182 mil), Metro Madrid pertama kali dibuka pada 1919. Madrid Metro “hanya” memiliki 500 juta penumpang setiap tahun- jumlah paling sedikit antara semua sistem metro di daftar ini.

4. Seoul Subway, Seoul, Korsel (296 stasiun)

Sistem Kereta Metro Terbesar di Dunia


Kereta bawah tanah Seoul dibuka lebih lama daripada sistem sebelumnya yakni pada 1974. Panjangnya 327,0 km (203,2 mi) dan memiliki jumlah pengguna lebih dari 2,5 miliar setiap tahun.

5. London Underground, London, Inggris (270 stasiun)

Sistem Kereta Metro Terbesar di Dunia


Tabung London (The Tube) pertama kali dibuka sebagai "kereta bawah tanah" pada 1863, namun jalur listrik pertama dibuka pada 1890 menjadikannya sebagai sistem metro pertama di dunia. Ini juga merupakan sistem terpanjang ketiga dengan panjang lintasan 402 km (250 mil) dan lebih dari 1,2 miliar pengguna setiap tahunnya

6. Shanghai Metro, Shanghai, China (263 stasiun)

Sistem Kereta Metro Terbesar di Dunia


Shanghai Metro memiliki lintasan terpanjang di dunia yakni 538 km (334 mil). Dibuka pada 1993, Shanghai Metro merupakan salah satu sistem metro tersibuk di dunia dengan lebih dari 2,5 miliar penumpang setiap tahunnya.

Sumber: mostoday.com
(poe)
preload video
KOMENTAR (pilih salah satu di bawah ini)
  • Facebook
  • Disqus
loading gif
Top
Aktifkan notifikasi browser anda untuk mendapatkan update berita terkini SINDOnews.
Aktifkan
Tidak