Ledakan AI Bikin 4 Miliarder Ini Makin Tajir di 2024, Hartanya Tembus Rp3.290 T

Jum'at, 11 Oktober 2024 - 22:51 WIB
loading...
Ledakan AI Bikin 4 Miliarder...
Saat produsen chip AI, Nvidia (NVDA) dan CEO-nya Jensen Huang menjadi sorotan, beberapa miliarder teknologi lainnya juga ketiban durian runtuh. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Ledakan Artificial Intelligence (AI) atau kecerdasan buatan membuat nilai perusahaan publik dan swasta meningkat tajam. Dampaknya bagi tokoh penting di belakang perusahaan tersebut, kini menjadi miliarder yang semakin sibuk.



Saat produsen chip AI, Nvidia (NVDA) dan CEO-nya Jensen Huang menjadi sorotan, beberapa miliarder teknologi lainnya juga ketiban durian runtuh. Harta kekayaan mereka semakin bertambah, seiring investasi besar-besaran perusahaan terhadap teknologi.

Berikut 4 miliarder yang semakin kaya tahun ini berkat AI

1. Jensen Huang


Pendiri dan kepala eksekutif Nvidia Jensen Huang mendapati kekayaan bersihnya meroket selama hype AI, seiring lonjakan permintaan perusahaan terhadap chip AI. Sepanjang tahun ini, kekayaan bersih Huang melonjak naik USD63,5 miliar (Rp985,2 triliun) menjadi USD107 miliar, menurut Bloomberg Billionaires Index.

Ledakan AI Bikin 4 Miliarder Ini Makin Tajir di 2024, Hartanya Tembus Rp3.290 T


Mayoritas kekayaan bersih Huang berasal dari 3,5% sahamnya di Nvidia. Menurut real-time Daftar Miliarder Forbes, kekayaan bersih Huang tembus USD117,5 miliar pada Jumat (11/10/2024).

Pada bulan September, Nvidia bergabung kembali dengan klub kapitalisasi pasar senilai USD3 triliun ketika sahamnya terus melonjak. Imbasnya kekayaan bersih Huang bertambah sekitar USD2,3 miliar.

Sejak saham Nvidia mencapai level tertinggi sepanjang masa pada bulan Juni, saham pembuat chip itu telah mengalami beberapa turbulensi. Namun, saham perusahaan sudah naik sekitar 158% pada sepanjang 2024, dan dibandingkan dengan tahun lalu, saham Nvidia naik lebih dari 180%.



Pada bulan Juni, total kapitalisasi pasar Nvidia sempat melampaui Apple dan melewati ambang batas USD3 triliun untuk pertama kalinya. Beberapa minggu kemudian, Nvidia menyalip Apple dan Microsoft untuk menjadi perusahaan publik paling berharga di dunia.

Meskipun jatuh kembali ke posisi ketiga, Nvidia tetap menjadi perusahaan semikonduktor paling berharga di dunia. Pada bulan Februari, Nvidia menjadi perusahaan semikonduktor pertama yang mencapai valuasi USD2 triliun setelah melaporkan rekor pendapatan di kuartal keempat.

2. Michael Dell


Kekayaan bersih pendiri dan CEO Dell Technologies (DELL), Michael Dell juga meningkat USD31,6 miliar di sepanjang tahun 2024. Menurut data Bloomberg, mayoritas kekayaan bersih Dell senilai USD110 miliar berasal dari sahamnya di perusahaan komputer yang dia miliki sekitar setengahnya.

Saham perusahaan telah naik sekitar 58,4% sepanjang tahun ini. Pada bulan Maret, Dell mengalahkan ekspektasi pendapatan analis dalam hasil kuartal keempatnya, yang didorong oleh permintaan untuk pengoptimalan AI dalam bisnis servernya.

"Momentum server kami yang dioptimalkan AI yang kuat terus berlanjut, dengan pesanan meningkat hampir 40% secara berurutan dan backlog hampir dua kali lipat, keluar dari tahun fiskal kami sebesar USD2,9 miliar," kata Jeff Clarke, selaku wakil chairman dan chief operating officer Dell, saat melaporkan pendapatan perusahaan.

Ledakan AI Bikin 4 Miliarder Ini Makin Tajir di 2024, Hartanya Tembus Rp3.290 T


Pada bulan Agustus, Clarke mengatakan bahwa "momentum AI Dell dipercepat" selama kuartal kedua dan perusahaan telah "melihat peningkatan jumlah pelanggan perusahaan yang membeli solusi AI setiap kuartal."

"Permintaan server yang dioptimalkan AI mencapai USD3,2 miliar, naik 23% secara berurutan, dan USD5,8 miliar dalam year to date," kata Clarke tentang kinerja kuartal kedua.

Menurut real-time Dell Daftar Miliarder Forbes, kekayaan bersih Dell mencapai USD108,3 miliar pada Jumat sore.

3. Mark Zuckerberg

Selanjutnya ada pendiri Meta (META) Mark Zuckerberg yang melihat kekayaan bersihnya melonjak USD78,1 miliar di 2024, menurut Bloomberg Billionaires Index. Bahkan pada akhir pekan kemarin, Zuckerberg melampaui pendiri Amazon, Jeff Bezos untuk menduduki posisi kedua dalam daftar orang terkaya di dunia.

Kekayaan bersih Zuckerberg mencapai USD206 miliar - hanya USD1 miliar di atas Bezos USD205 miliar. Menurut Daftar Miliarder Forbes, Zuckerberg adalah orang terkaya ketiga di dunia, dengan kekayaan bersih real-time sebesar USD201,9 miliar pada Jumat sore.

Ledakan AI Bikin 4 Miliarder Ini Makin Tajir di 2024, Hartanya Tembus Rp3.290 T


Saham Meta telah mengalami kenaikan sekitar 69,5% pada sepanjang tahun ini. Saham perusahaan melonjak 5% di bulan Juli setelah mengumumkan hasil pendapatan kuartal kedua yang melampaui ekspektasi.

"Kami memiliki kuartal yang kuat, dan Meta AI berada di jalur untuk menjadi asisten AI yang paling banyak digunakan di dunia pada akhir tahun," kata Zuckerberg.

4. Larry Ellison


Pada bulan September, salah satu pendiri Oracle (ORCL) Larry Ellison melihat kekayaan bersihnya melampaui pendiri Amazon Jeff Bezos, untuk menjadikan Ellison orang terkaya kedua di dunia.

Kekayaan bersih real-time Ellison berada di angka USD212,1 miliar atau setara Rp3.290 triliun (Kurs Rp15.515 per USD), menurut Forbes Billionaires List. Sementara itu Chairman eksekutif Oracle merupakan orang terkaya kelima di dunia, berdasarkan daftar Bloomberg Billionaires Index.

Ledakan AI Bikin 4 Miliarder Ini Makin Tajir di 2024, Hartanya Tembus Rp3.290 T


Saham Oracle meningkat sekitar 62,7% pada sepanjang tahun ini karena bisnis cloud-nya. Ellison tercatat memiliki kurang dari 40% saham Oracle yang beredar, menurut Forbes.

"Ketika Cloud Services menjadi bisnis terbesar Oracle, pendapatan operasional dan pertumbuhan laba per saham kami mengalami percepatan," kata CEO Oracle, Safra Catz dalam sebuah pernyataan setelah hasil pendapatan kuartal pertama Oracle.

Total pendapatan kuartalan perusahaan dalam USD naik 7% dari tahun sebelumnya, sementara pendapatannya naik 8%. Di divisi layanan cloud-nya, pendapatan Oracle dalam USD naik 12% secara year-over-year (YoY).
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1126 seconds (0.1#10.140)