Rusun ASN 3 IKN Garapan Waskita Karya Sabet Rekor MURI, Ini Alasannya

Sabtu, 12 Oktober 2024 - 23:27 WIB
loading...
Rusun ASN 3 IKN Garapan...
Proyek tersebut tercatat di MURI sebagai bangunan dengan instalasi tata suara tercepat dan instalasi protokol internet (IP) data tercepat pembangunan 47 tower rusun ASN dan Hankam IKN. Foto/Dok
A A A
JAKARTA - Rumah Susun ASN 3 Ibu Kota Nusantara ( IKN ) yang dibangun PT Waskita Karya (Persero) Tbk meraih dua penghargaan dari Museum Rekor Indonesia (MURI). Proyek tersebut tercatat di MURI sebagai bangunan dengan instalasi tata suara tercepat dan instalasi protokol internet (IP) data tercepat pembangunan 47 tower rusun ASN dan Hankam IKN.

Perlu diketahui, tata suara merupakan sistem yang mengatur pengelolaan dan distribusi suara di dalam suatu bangunan. Salah satu fungsinya yaitu sebagai media komunikasi pada area publik, misalnya saat memberikan pengumuman keadaan gawat darurat seperti kebakaran dan gempa bumi.



Sementara, instalasi IP yang dilakukan pada Rumah Susun ASN 3 berupa Gigabit Passive Optical Network (GPON), yakni teknologi jaringan menggunakan serat optik. GPON berfungsi menyediakan konektivitas internet berkecepatan tinggi.

Corporate Secretary Waskita Karya, Ermy Puspa Yunita mengatakan, setiap unit rumah susun nantinya dapat terhubung ke jaringan GPON guna memberikan akses internet. “GPON dapat mendukung layanan tambahan seperti TV kabel dan telepon,” ujarnya dalam keterangan resmi, Sabtu (12/10/2024).

Rusun ASN 3 IKN Garapan Waskita Karya Sabet Rekor MURI, Ini Alasannya


Kedua instalasi tersebut, kata dia, nantinya memudahkan para aparatur negara yang tinggal di sana dalam melakukan kegiatan sehari-hari. Mereka pun akan merasa lebih aman dan nyaman, karena bangunan dilengkapi fasilitas tata suara serta komunikasi yang memadai.

Ermy menyatakan, Waskita terus berkomitmen mengerjakan setiap proyek termasuk bangunan ASN 3 ini secara maksimal dan memperhatikan kualitasnya. Perseroan pun, lanjut dia, selalu menghadirkan inovasi dalam pembangunan proyek agar pekerjaan menjadi lebih efisiensi dan tepat mutu.

“Maka pencatatan Rekor MURI ini menjadi wujud komitmen Waskita sebagai BUMN Konstruksi dalam memberikan yang terbaik bagi masyarakat, khususnya ASN. Kenyamanan serta keamanan para penghuni Rumah Susun ASN 3 pun menjadi prioritas bagi perseroan,” tutur dia.

Sebagai informasi, Rumah Susun ASN 3 di IKN terdiri dari enam tower yang berdiri di atas lahan seluas 4,3 hektar (ha). Setiap tower memiliki 10 lantai hunian dan tiga lantai podium fasilitas umum serta sosial.



Sementara, total huniannya sebanyak 360 unit dan dapat menampung 1.440 orang, dengan luas masing-masing sebesar 98 meter per segi (m2). Ada beberapa ruangan di dalamnya meliputi satu kamar utama, dua kamar anak, dua kamar mandi, ruang makan, ruang keluarga, juga ruang cuci, serta dapur.

Hunian ASN 3 merupakan salah satu dari 12 proyek IKN yang digarap Waskita Karya. Total nilainya mencapai Rp 7,7 triliun, sedangkan khusus Rumah Susun ASN 3, nilai proyeknya sebesar Rp 1,13 triliun.
(akr)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0786 seconds (0.1#10.140)