Berapa Lama Uang dari QRIS Masuk ke Rekening? Ini Faktor yang Memengaruhinya

Minggu, 13 Oktober 2024 - 08:04 WIB
loading...
Berapa Lama Uang dari...
Lama waktu uang dari QRIS masuk ke rekening bergantung pada kecepatan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP). FOTO/Ilustrasi
A A A
JAKARTA - Berapa lama uang dari QRIS masuk ke rekening? Pertanyaan ini kerap mengemuka di antara para pelaku usaha yang menggunakannya. Menjawab pertanyaan ini, Bank Indonesia (BI) beberapa waktu lalumenyatakan bahwa intinya lama waktu uang dari QRIS masuk ke rekening bergantung pada kecepatan Penyedia Jasa Pembayaran (PJP).

Terkait dengan itu, pada awal tahun 2024, Bank Indonesia (BI) telah mendorong PJP untuk meningkatkan percepatan pencairan dana kepada pedagang hingga mencapai target H+0 atau tanpa harus menunggu berhari-hari supaya dana bisa masuk ke rekening.



Deputi Gubernur BI Filianingsih Hendarta dalam konferensi pers beberapa waktu lalu menyebutkan bahwa jika saat ini sudah hampir 55% PJP bisa menyelesaikan pencairan dana QRIS pada hari yang sama. Artinya, hingga saat ini masih belum semua PJP mampu untuk menerapkan layanan tersebut. Sehingga, lama uang QRIS masuk ke rekening ini terkadang memerlukan waktu yang cukup lama, tergantung pada PJP.

Lama Uang dari QRIS Masuk ke Rekening

Menurut informasi yang didapat dari Interactive QRIS, lama uang dari QRIS masuk ke rekening saat ini paling cepat adalah2 hari kerja dan paling lama 5 hari kerja setelah settlement dilakukan.

Namun ketika settlement dilakukan pada hari Sabtu, Minggu dan Hari Libur Nasional, maka pengguna harus menunggu lebih lama karena proses settlement akan mulai diproses hari berikutnya setelah libur.



Selain waktu settlement, waktu transfer antar-bank juga dapat memengaruhi lamanya uang dari QRIS masuk ke rekening. Sebab, jika bank penerima berbeda dengan bank pengirim, maka dana settlement QRIS akan memakan waktu lebih lama.

Adapun masalah keterlambatan verifikasi yang dapat membuat dana settlement QRIS akan memakan waktu lebih lama untuk masuk ke rekening penerima.

Dalam hal ini, penerima harus bersabar menunggu beberapa hari kerja setelah proses settlement dilakukan. Penerima juga dapat memantau proses settlement ke nomor rekening yang telah didaftarkan saat registrasi QRIS.

Itulah penjelasan untuk pertanyaan berapa lama uang dari QRIS masuk ke rekening? Semoga informasi ini dapat membantu para pelaku usaha yang menggunakan metode pembayaran QRIS.
(fjo)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1046 seconds (0.1#10.140)