Dukung UMKM ke Kancah Global, Bank Jatim Gelar Trade Connect Summit 2024

Rabu, 16 Oktober 2024 - 12:08 WIB
loading...
Dukung UMKM ke Kancah...
Bank Jatim menyelenggarakan Trade Connect Summit 2024 di Balai Pemuda Surabaya, pada 14-15 Oktober 2024. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
SURABAYA - PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Timur Tbk ( Bank Jatim ) menyelenggarakan Trade Connect Summit 2024 di Balai Pemuda Surabaya, pada 14-15 Oktober 2024. Kegiatan ini salah satu upaya Bank Jatim mengembangkan UMKM dan meningkatkan perekonomian bangsa.

Opening ceremony kegiatan tersebut dihadiri Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono, Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Bank Jatim Edi Masrianto, dan Sekretaris Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan RI Muhammad Suaib Sulaiman. Turut hadir juga dalam pembukaan Trade Connect Summit 2024 Direktur IT & Digital Bank Jatim Zulhelfi Abidin dan Direktur Manajemen Risiko Bank Jatim Eko Susetyono.

Kegiatan ini diikuti 41 booth UMKM binaan Bank Jatim orientasi ekspor. Selain itu, juga ada booth-booth layanan dari instansi terkait kegiatan ekspor seperti Disperindag Jatim, Balai Karantina Hewan Ikan dan Tumbuhan Jatim, Dinas Kehutanan Jatim, dan beberapa perangkat daerah lainnya di Jatim.

“Kami berharap melalui kegiatan ini dapat melahirkan eksportir baru dari kalangan UMKM,” kata Direktur Keuangan, Treasury & Global Services Bank Jatim Edi Masrianto, Rabu (16/10/2024).

Dalam Trade Connect Summit 2024, pelaku UMKM diberikan edukasi yang komprehensif tentang dunia ekspor serta wadah pemasaran yang efektif. Tujuan program ini agar UMKM mampu mengoptimalkan produk lokal mereka dan bersaing di pasar global.

“Trade Connect Summit 2024 merupakan bagian dari komitmen kami untuk meningkatkan pengetahuan dan kesiapan UMKM dalam memasuki dunia ekspor,” ungkapnya.

Banyak kegiatan menarik yang dihadirkan di dalam event ini. Mulai dari exhibition, business matching, hingga business talkshow. Beragam topik menarik juga dibahas dalam business matching dan sekaligus menghadirkan pembicara ekspert di bidangnya.

Seperti market review Dubai, sinergitas pemerintah dengan perbankan dalam mendukung ekspor nasional, peran logistic dalam kegiatan ekspor, dan masih banyak lagi. Dalam Trade Connect Summit 2024, Bank Jatim tidak hanya menyelenggarakan pameran atau talkshow saja, tetapi juga menghadirkan atase perdagangan atau ITPC (Indonesia Trade Promotion Center) dan potential buyer beberapa negara.

“Sehingga pelaku UMKM yang tergabung dalam acara ini juga bisa menggaet konsumen seluas-luasnya untuk kemajuan usahanya,” terangnya.

Pj Gubernur Jatim Adhy Karyono optimistis Bank Jatim dapat mengantarkan UMKM Jatim naik kelas hingga ke kancah internasional melalui Trade Connect Summit 2024 ini. “Kegiatan ini bisa menjadi wadah untuk mengkoneksikan UMKM dengan dunia internasional dan sekaligus jadi ajang pertemuan antara pelaku usaha dengan mitra buyer dari luar negeri,” katanya.

Menurut Adhy, peran perbankan apalagi bank daerah sangat penting untuk melatih pelaku UMKM. Terlebih, Jatim mempunyai potensi UMKM dan Sumber Daya Alam (SDA) yang bisa menopang ekspor. “Kegiatan ini juga sebagai komitmen Bank Jatim sebagai BUMD yang terus konsisten memberikan kontribusi yang langsung dirasakan masyarakat utamanya bagi UMKM,” jelasnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0803 seconds (0.1#10.140)