Rembuk Pemuda Optimistis Mentan Amran Mampu Wujudkan Swamsembada Pangan

Kamis, 17 Oktober 2024 - 13:28 WIB
loading...
Rembuk Pemuda Optimistis...
Mentan Amran Sulaiman, Kabaharkam Polri Komjen Pol Mohammad Fadil Imran, Pj Gubernur Sulsel Prof Zudan Arif Fakrulloh, dan Founder Rembuk Pemuda Aidil Afdan Pananrang dalam suatu acara. Foto/Dok. SINDOnews
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Amran Sulaiman baru-baru ini mendapat apresiasi dari Rembuk Pemuda atas pencapaiannya mengembangkan sektor pertanian di Indonesia. Setelah menjabat sebagai mentan dari 2014 hingga 2019, ia terpilih kembali pada akhir Oktober 2023.

Kurang dari satu tahun menjabat, Amran telah meluncurkan berbagai kebijakan strategis yang memberikan dampak signifikan. Misalnya, terdapat penambahan luas area tanam, langkah cepat dalam menangani kekeringan melalui penggunaan pompa, serta optimalisasi lahan rawa yang memberikan kontribusi besar terhadap peningkatan produksi padi.

Selain itu, pada Minggu (6/10/2024) lalu, Kementerian Pertanian , melalui BPPSDMP, telah memberikan bantuan kepada lulusan pertanian dan petani milenial untuk mengembangkan pertanian modern di Kecamatan Dadahup, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah.

Founder Rembuk Pemuda Aidil Pananrang optimistis kehadiran Amran Sulaiman sebagai mentan akan membantu Indonesia dalam mewujudkan swamsembada pangan . Hal ini sesuai dengan visi dan gagasan yang dicanangkan Presiden terpilih Prabowo Subianto dalam pemerintahannya.

“Bahkan di akhir masa jabatannya, kita bisa lihat bagaimana Pak Amran ini terus mengebut pemberdayaan petani milenial di berbagai wilayah strategis untuk mewujudkan hal visi dari Pasangan Prabowo-Gibran khususnya di bidang Pertanian,” katanya di Jakarta, Rabu (16/10/2024).

Ia menuturkan, saat ini Amran Sulaiman sedang fokus mentransformasikan sistem pertanian konvensional ke pertanian modern yang memanfaatkan teknologi dan mekanisasi di bidang pertanian. Diharapkan capaian-capaian ini bisa terus dilanjutkan Amran apabila kembali diamanahkan sebagai mentan di periode selanjutnya.

“Saat saya mengikuti beberapa agenda beliau, khususnya di Sulawesi Selatan pada 10-11 Oktober 2023 lalu. Kami melihat sendiri bagaimana Pak Amran ini sangat optimistis jika kita dengan kekayaan sumber daya alam yang kaya, tentu bisa menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia,” ucapnya.

Aidil berpendapat dengan rekam jejak yang dimilikinya, Amran Sulaiman dapat melanjutkan program-program yang telah ada di Kementerian Pertanian. Oleh karena itu, Aidil yakin dalam cabinet Prabowo-Gibran mendatang, Amran Sulaiman akan terpilih kembali sebagai mentan.

Hal senada diungkapkan Rayhan Ibrahim Mantiri. Ia merupakan salah satu pemuda yang saat ini mengikuti program Petani Milenial dari Kementan.

Menurutnya, Amran Sulaiman merupakan sosok yang selalu melibatkan potensi anak muda dibidang pertanian. Hal tersebut terlihat ketika Amran mengajak para pemuda yang berminat untuk bertani untuk ikut mewujudkan swamsembada pangan bagi Indonesia.

“Kami perwakilan dari rembuk pemuda nasional yang di ikuti oleh 10 orang perwakilan turut mendukung dan mengapresiasi program yang dicanangkan oleh Pak Amran. Saya selaku koordinator Rembuk Pemuda Tani, sangat mengapresiasi program Kementan tentang swasembada pangan dan berharap program ini akan diteruskan dimasa pemerintahan Pak Prabowo, untuk menjadi ketahanan pangan di indonesia maupun dunia,” ujarnya.

Ditetahui, Amran Sulaiman merupakan salah satu sosok yang diundang Prabowo ke kediamannya di Kertanegara, Jakarta, Senin (14/10/2024) lalu dan mengikuti pembekalan calon menteri di Hambalang. Usai dipanggil di Kertanegara, Amran mengungkapkan Prabowo memintanya untuk memberikan dukungan dalam sektor pertanian dan pangan bagi pemerintahan yang akan datang. “Diskusinya sekitar pertanian bidang kami,” ungkapnya kepada wartawan.

Ia menekankan pembicaraannya dengan Prabowo lebih terfokus pada isu pertanian dan upaya mencapai swasembada pangan. “Diskusi soal pertanian aja. Fokus soal swasembada. Kita harus mandiri pangan, kita harus memenuhi kebutuhan pangan dalam negeri,” tandasnya.
(poe)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1062 seconds (0.1#10.140)