Irpom Dorong Petani Nganjuk Percepat Tanam hingga Tiga Kali Setahun

Jum'at, 18 Oktober 2024 - 15:07 WIB
loading...
A A A
"Yang utama adalah sumber airnya, kegiatan Irpom ini harus memiliki sumber air baik air permukaan berupa sungai, mata air, saluran pembuang, maupun air tanah yang tersedia untuk mendukung PAT," ujarnya.

Andi menambahkan, walaupun posisi air di bawah permukaan lahan pertanian tidak masalah. Itu karena menggunakan pompa untuk pemanfaatannya.

"Dengan demikian lahan pertanian yang tidak terjangkau dengan irigasi waduk dan bendung yang umumnya secara gravitasi, masih bisa mendapatkan air irigasi," ucapnya.

Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman, diberbagai kesempatan menjelaskan, jika saat ini dunia sedang menghadapi krisis pangan dan kelaparan akibat El Nino yang menyebabkan kekeringan, sehingga perlu adanya tindakan-tindakan cepat agar Indonesia tetap berdaulat pangan ditengah krisis yang melanda.

“Kita sedang Menghadapi ancaman perubahan iklim ekstrem, jadi kita harus bersama-sama bergerak, Jika seluruh provinsi bisa mencapai target pertambahan areal tanam dan menghasilkan minimal dua kali panen dengan produktivitas 5 ton per hektare, maka masalah defisit pangan dapat kita atasi” tutur Mentan Andi Amran Sulaiman.
(ars)
Halaman :
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0893 seconds (0.1#10.140)