Patuh Terhadap SOP, Agen BRILink Berhasil Gagalkan Upaya Penipuan

Selasa, 22 Oktober 2024 - 16:46 WIB
loading...
Patuh Terhadap SOP,...
(Foto: dok BRI)
A A A
JAKARTA - PT Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk terus berkomitmen untuk mencegah dan memberantas penipuan atau kejahatan perbankan di tengah masyarakat. Hal tersebut dibuktikan dengan AgenBRILink yang sukses menggagalkan aksi penipuan terkait transaksi tarik tunai palsu.

Dalam sebuah cuplikan video yang beredar di platform X pada Senin (22/10/2024), terlihat seseorang sedang berusaha menjalankan aksi penipuan pada salah satu AgenBRILink. Dalam cuplikan video tersebut, pelaku penipuan datang ke gerai AgenBRILink untuk melakukan transaksi penarikan uang tunai sebesar Rp3 juta.

Cuplikan tersebut memperlihatkan sang penipu yang sedang mengedit bukti transfer langsung menggunakan ponsel miliknya. Kemudian, pelaku menunjukkan bukti transfer palsu tersebut kepada AgenBRILink yang sedang bertugas.
Patuh Terhadap SOP, Agen BRILink Berhasil Gagalkan Upaya Penipuan

(Foto: Tangkapan layar akun X @bacottetangga__)

Berkat ketelitian dan kepatuhan terhadap Standar Operasional Prosedur (SOP) yang berlaku, AgenBRILink tersebut tidak langsung menyerahkan uang kepada pelaku. Dia memeriksa dengan cermat terlebih dahulu bukti transfer yang diberikan pelaku dan menemukan kejanggalan yang tidak sesuai dengan sistem, yaitu tidak ada transaksi di mutasi masuk. Alhasil upaya penipuan tersebut berhasil digagalkan.

Dari kejadian tersebut, dapat disimpulkan bahwa ketelitian dan kepatuhan pada SOP sangat penting ketika sedang bertugas karena dapat menghindari dari upaya penipuan dan tindak kejahatan lainnya, khususnya dalam industri perbankan. Selain itu, agar terhindar dari penipuan atau kejahatan perbankan, dibutuhkan pula literasi yang baik tentang keamanan bertransaksi, khususnya di era digital seperti saat ini.

BRI terus memberikan anjuran kepada para Agen BRILink untuk menerapkan langkah-langkah keamanan mulai dari penyimpanan dana operasional di brankas, pembatasan jumlah transaksi harian, pemasangan CCTV, hingga penggunaan money detector.

Tindakan dari AgenBRILink ini diharapkan dapat menjadi contoh untuk agen lainnya agar selalu teliti dan patuh terhadap SOP ketika sedang bertugas.
(ars)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1174 seconds (0.1#10.140)