Tarif Baru Berlaku Mulai 30 Oktober, Astra Tol Cipali Tingkatkan Pelayanan

Senin, 28 Oktober 2024 - 12:09 WIB
loading...
Tarif Baru Berlaku Mulai...
Dalam 2 tahun terakhir, Astra Tol Cipali telah meningkatkan kapasitas jalan melalui penambahan lajur ketiga sepanjang 18,2 KM yang rampung pada 2023, dan 23 KM berikutnya pada 2024. (Foto/Ilustrasi: dok. Astra)
A A A
SUBANG - Berdasarkan Keputusan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat tentang Penyesuaian Tarif Tol dan Penetapan Golongan Kendaraan Bermotor pada Ruas Jalan Tol Cikampek-Palimanan Nomor 2789/KPTS/M/2024 tertanggal 15 Oktober 2024, akan dilakukan penyesuaian tarif untuk ruas Tol Cipali yang berlaku mulai Rabu, 30 Oktober 2024 pukul 00.00 WIB.

Penyesuaian tarif tersebut dilakukan berdasarkan pada Undang-Undang No.2 Tahun 2022 yang menyatakan evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali berdasarkan pengaruh laju inflasi dan evaluasi terhadap pemenuhan SPM Jalan Tol serta Peraturan Pemerintah No. 23 Tahun 2024 Pasal 83, yang menyatakan bahwa evaluasi dan penyesuaian tarif tol dilakukan setiap dua tahun sekali oleh Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) berdasarkan tarif lama yang disesuaikan dengan pengaruh inflasi.

“Kami secara konsisten melakukan upaya peningkatan kualitas layanan lalu lintas untuk memastikan pemenuhan Standar Pelayanan Minimal jalan tol dan peningkatan kapasitas untuk meningkatkan kenyamanan pengguna jalan,” ujar Rinaldi, Direktur
Astra Tol Cipali.

Dalam dua tahun terakhir, Astra Tol Cipali telah melakukan peningkatan kapasitas jalan melalui penambahan lajur ketiga sepanjang 18,2 KM yang telah dirampungkan pada 2023 lalu, dilanjutkan dengan penambahan 23 KM berikutnya di tahun 2024.

Selain itu, dilakukan juga pemeliharaan kondisi jalan melalui pekerjaan scrapping filling overlay, pemeliharaan rambu dan fasilitas keselamatan, hingga peningkatan kualitas serta peremajaan rest area. Tak hanya itu, pada momen mudik lebaran tahun ini, bersinergi dengan pihak kepolisian, Astra Tol Cipali meresmikan command center di KM 188, untuk meningkatkan layanan pemantauan lalu lintas selama mudik lebaran.
Tarif Baru Berlaku Mulai 30 Oktober, Astra Tol Cipali Tingkatkan Pelayanan

Taping tol di ruas Tol Cipali

Berbagai inisiatif tersebut melengkapi berbagai layanan lainnya, seperti 12 unit armada derek, 10 unit armada patroli, 5 unit ambulance, 2 unit armada rescue, 6 unit armada PJR, serta 295 unit CCTV. Selain itu, berbagai fasilitas keselamatan seperti wire rope, rumble dot, speed reducer, hingga lampu strobo juga telah dipasang, dibarengi dengan inisiatif program edukasi dan penegakan hukum (enforcement) untuk menekan angka kecelakaan.

“Kami akan terus melakukan peningkatan dan pemeliharaan fasilitas dan layanan, untuk memastikan keselamatan dan kenyamanan pengguna jalan. Selain itu, kami juga terus berupaya untuk melakukan berbagai inisiatif keberlanjutan, untuk memastikan apa yang kita lakukan hari ini, tidak memberikan dampak negatif untuk bumi maupun masyarakat di masa
depan,” ujar Rinaldi.

Untuk memastikan keberlanjutan, Astra Tol Cipali juga melakukan berbagai inisiatif terkait lingkungan dan sosial seperti penggunaan solar panel sebagai sumber energi, pengolahan limbah cair maupun padat, program pembinaan sekolah dasar, hingga pembinaan UMKM.

Astra Tol Cipali juga telah melengkapi seluruh rest area di ruas tol Cipali dengan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), untuk mendukung perjalanan berkendara yang ramah lingkungan. Hingga September 2024, tercatat 34 persen penurunan emisi gas rumah kaca dihasilkan, 23% limbah padat terolah, 10 persen penggunaan energi terbarukan, dan 247
penerima manfaat program sepanjang tahun 2024.

Ruas Tol Cikopo-Palimanan (Cipali) merupakan pengembangan infrastruktur strategis dengan panjang 116,75 KM, yang mendorong peningkatan konektivitas dan percepatan pertumbuhan ekonomi di Jawa Barat. Beroperasi sejak tahun 2015, ruas Tol Cipali memberikan alternatif kepada masyarakat untuk mempersingkat waktu dan jarak tempuh mobilitas orang, barang, dan
distribusi logistik. Oleh karena itu, Astra Tol Cipali selaku pengelola terus berupaya memberikan layanan yang prima, untuk mendukung fungsi strategis ruas Tol Cipali.

Melalui berbagai inisiatif yang dilakukan, Astra Tol Cipali berharap dapat terus memberikan dampak positif untuk kemajuan infrastruktur Indonesia, sejalan dengan cita-cita Astra untuk sejahtera bersama bangsa dan mendukung Sustainable Development Goals (SDGs) Indonesia.

Tarif Baru Berlaku Mulai 30 Oktober, Astra Tol Cipali Tingkatkan Pelayanan


Tarif Baru Berlaku Mulai 30 Oktober, Astra Tol Cipali Tingkatkan Pelayanan
(ars)
Dapatkan berita terkini dan kejutan menarik dari SINDOnews.com, Klik Disini untuk mendaftarkan diri anda sekarang juga!
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.0951 seconds (0.1#10.140)