Beroperasi Normal, Tol Dalam Kota Kembali Dikenakan Tarif

Jum'at, 03 Januari 2020 - 17:13 WIB
Beroperasi Normal, Tol Dalam Kota Kembali Dikenakan Tarif
Beroperasi Normal, Tol Dalam Kota Kembali Dikenakan Tarif
A A A
JAKARTA - Setelah digratiskan akibat banjir yang menggenangi sejumlah ruas tol, mulai hari ini tarif normal kembali diberlakukan untuk Tol Dalam Kota.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Danang Parikesit mengatakan, saat ini jaringan Tol Dalam Kota beroperasi normal dan tanpa genangan yang bisa mengganggu operasional sehingga bisa dilintasi kendaraan.

“Terhitung sejak pukul 12.00 WIB tarif tol dalam kita diberlakukan kembali secara normal atau seperti biasa,” ujarnya di Jakarta, Jumat (3/1/2020).

Kebijakan tersebut telah dikoordinasikan bersama pihak pengelola jalan tol melalui Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Namun begitu kesiapsiagaan terus dilakukan mengantisipasi kondisi curah hujan yang tinggi. Berdasarkan hasil rapat antara BUJT, BPJT dan Ditjen Bina Marga Kementerian PUPR bersama Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) disepakati tiga poin.

Pertama, pengecekan dan self assessment fasilitas drainase pada masing-masing ruas yang menjadi tanggung jawab BUJT. Kedua, kesiapsiagaan banjir, genangan, dan limpasan air hujan ke/di badan Jalan Tol termasuk, kesiapan alat, bahan penahan banjir dan prosedur, termasuk saling informasi dan saling pemanfaatan alat/material pengelola banjir.

Ketiga, kerja sama dan saling pertukaran data antara BMKG dengan Bina Marga/BPJT/BUJT, termasuk untuk pelaksanaan integrasi/mirroring di Apps (basis android/IoS) pada masing-masing Badan Usaha Jalan Tol.

Sementara itu, Direktur Utama PT Jasa Marga (Persero) Desi Arryani mengatakan, untuk ruas jalan tol dalam kota yang beroperasi normal yakni Jalan Tol Cawang-Grogol-Tomang yang dikelola oleh PT Jasa Marga (Persero) Tbk. Selanjutnya Jalan Tol Cawang-Tanjung Priok-Ancol Timur-Jembatan Tiga-Pluit yang dikelola oleh PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk.

Desi Arryani menambahkan, dapat dipastikan saat ini kondisi jalan tol maupun gerbang tol di area Jalan Tol Dalam Kota telah beroperasi normal.

“Untuk mengantisipasi cuaca Jadetabek ke depan dan agar tidak terjadi genangan yang berdampak pada tidak berfungsinya jalan tol dengan baik, kami telah menyiapkan pompa-pompa air, sand bag dan mengecek saluran drainase berfungsi dengan baik khususnya pada lokasi rawan genangan,” ujarnya.

Sementara, Direktur PT Citra Marga Nusaphala Persada Tbk. Djoko Sapto mengatakan, selama jalan tol Dalam Kota dibebaskan tarifnya, telah di lakukan penambahan kapasitas pompa air disetiap area genangan air, peninggian tanggul kali cipinang di dekat terowongan Cawang di ruas Jalan Tol Dalam Kota.

“Selain itu kita melakukan koordinasi dengan instansi terkait untuk melakukan normalisasi kali Cipinang dan pengerukan lumpur kali Cipinang karena sedimentasinya sudah tinggi,” pungkasnya.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.9331 seconds (0.1#10.140)