Resesi Bukan Kiamat, Ekonomi Masyarakat Harus Terus Menggeliat

Selasa, 01 September 2020 - 09:04 WIB
loading...
Resesi Bukan Kiamat, Ekonomi Masyarakat Harus Terus Menggeliat
Foto: dok/SINDOnews
A A A
JAKARTA - Pemerintah sepertinya menyerah, meski masih kurang satu bulan lagi, namun Indonesia sudah dibilang akan memasuki jurang resesi . Pertumbuhan ekonomi kuartal III/2020 dipastikan akan negatif antara minus 2% hingga 0%. Yang pasti meski memasuki resesi hal tersebut bukanlah akhir dari segalanya, Indonesia belum akan merasa kiamat ekonomi.

Tim pemulihan ekonomi nasional kemungkinan sangat kecewa dengan pernyataan Menko Polhukam Mahfud MD yang menyatakan 99,9% akan terjadi resesi di Indonesia. Pasalnya tim tersebut dibentuk Presiden Jokowi untuk bisa menyelamatkan Indonesia dari jurang resesi. (Baca: Indonesia Panaskan Perang Drone Militer Masa Depan)

Meski waktunya tinggal satu bulan lagi, berbagai cara dan strategi dilakukan agar ekonomi masyarakat terus bergeliat dan daya beli bisa tumbuh lebih baik. Pernyataan Mahfud MD yang mengkonfirmasi Indonesia bakal krisis bisa jadi karena melihat fakta kondisi ekonomi terus menurun. Apalagi dana pemulihan ekonomi nasional (PEN) yang mencapai Rp695 triliun, baru terserap 27,7% saja atau sekitar Rp192,53 triliun.

Jika Indonesia memang bakal mengalami resesi , apa yang harus dilakukan pemerintah agar ekonomi tidak terpuruk? Seperti sejumlah negara yang mengalami krisis tetapi ekonominya tetap berjalan. Contohnya Amerika Serikat (AS), meski dilanda resesi tetapi bursa sahamnya malah sudah hampir pulih. Indeks Dow Jones mau mendekati level tertingginya di 29.000. Sedangkan Indeks Nasdaq dan S&P bahkan sudah melampaui rekor tertinggi.

Menurut Direktur Eksekutif CORE Indonesia Mohammad Faisal tekanan ekonomi terhadap Indonesia sebenarnya telah lewat saat pemberlakuan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB). Sehingga resesi bukan terjadi bulan depan.

“ Resesi itu hanya definisi ekonomi secara teknis setelah dua kuartal minus berturut-turut. Namun, secara kenyataan kondisi terhadap tekanan ekonomi itu sudah dilewati,” jelas Faisal.

Dia optimistis bahwa pertumbuhan ekonomi pada kuartal III/2020 akan lebih baik dibandingkan kuartal II/2020. Lalu, kuartal IV akan lebih baik lagi. "Jadi sebenarnya pengertiannya bukan makin buruk justru harus membaik. Karena tekanan ekonomi itu sudah kita lewati," jelasnya.

Meski diyakini akan tumbuh positif, lanjut Faisal, kondisi ekonomi masih dibayangi oleh resiko. Sebab, jumlah kasus Covid-19 setiap hari masih meningkat."Yang harus dikhawatirkan itu soal faktor kesehatannya. Karena kita belum melewati puncak kasusnya. Faktor kesehatan sangat mempengaruhi ekonomi. Ini yang harus jadi fokus pemerintah," tegasnya. (Baca juga: AS Akan Merugi Jika Jatuhkan Sanksi Terhadap India)

Hal senada diungkapkan Pengamat ekonomi A Prasetyantoko. Menurut dia, terus melonjaknya angka kasus positif Covid-19 akan mementahkan program-program pemulihan ekonomi yang dijalankan pemerintah sehingga berpotensi besar masuk jurang resesi.

"Kita lihat pada kuartal III/2020 ekonomi terkoreksi, ancaman resesi juga sudah di dasar, karena kasus positif Covid-19 terus terjadi dan menagalami peningkatan," ujar Prasetyantoko.
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1242 seconds (0.1#10.140)