Mentan Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok untuk Idul Fitri Aman

Selasa, 18 Februari 2020 - 09:53 WIB
Mentan Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok untuk Idul Fitri Aman
Mentan Pastikan Ketersediaan Bahan Pokok untuk Idul Fitri Aman
A A A
JAKARTA - Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo memastikan ketersediaan pangan dan bahan pokok untuk Hari Raya Idul Fitri akan tercukupi.

"Dua bulan ke depan kita akan menghadapi bulan puasa dan idul Fitri. Insyaallah kebutuhan pangan aman, 11 bahan pokok diperkirakan tercukupi," ujar Syahrul di Jakarta, Selasa (18/2/2020).

Menurut dia, Kementerian Pertanian (Kementan) juga telah melakukan antisipasi untuk beberapa harga komoditas yang rentan berfluktuasi beberapa waktu terakhir seperti bawang putih, bawang merah, cabai, gula pasir, daging ayam dan daging sapi.

"Kita dalam beberapa bulan ke depan akan terus menggelar pasar murah di berbagai daerah untuk memasarkan bahan pangan ke masyarakat dan tadi kita rapat membahas bahwa bahan pokok akan aman," jelasnya.

Dia pun merinci produksi padi ditargetkan mencapai 59,15 juta ton. Kemudian produksi jagung ditargetkan mencapai 24,17 juta ton, kedelai 420.000 ton, bawang merah 1,66 juta ton, cabai besar 1,35 juta ton dan cabai rawit sebanyak 1,47 juta ton. "Jadi dengan pasokan kita yang melimpah tampaknya bahan pokok untuk Idul Fitri akan aman dan terkendali," tegas Mentan.
(fjo)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5179 seconds (0.1#10.140)