Pesan Vaksin Covid-19, Menko Airlangga Bayar Uang Muka Rp3,3 Triliun

Jum'at, 04 September 2020 - 21:22 WIB
loading...
Pesan Vaksin Covid-19, Menko Airlangga Bayar Uang Muka Rp3,3 Triliun
Ilustrasi vaksin corona. Foto/Ist
A A A
JAKARTA - Menteri Koordinator (Menko) bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto memastikan, pemerintah saat ini tengah menyiapkan dana mencapai Rp3,3 triliun, yang akan dialokasikan untuk membayar uang muka pemesanan vaksin Covid-19.

Adapun, anggaran Rp3,3 triliun itu merupakan dana awal untuk kebutuhan vaksin Covid-19, yang dianggarkan dengan total mencapai Rp37 triliun melalui penganggaran tahun ganda.

"Terkait vaksin, sudah tersedia dan diharapkan untuk down payment tahun ini Rp3,3 triliun. Seluruh dana yang disiapkan adalah Rp37 triliun untuk program multiyears," kata Airlangga di Jakarta, Jumat (4/9/2020). (Baca juga: Borong 30 Juta Vaksin Covid-19 Tahun Ini, Airlangga Cari Duit Rp5 T dalam Tiga Bulan )

Selain itu, Airlangga juga menjelaskan bahwa dalam rapat yang digelar sore tadi bersama sejumlah Kementerian/Lembaga terkait, seperti misalnya Erick Thohir, Tito Karnavian, Doni Monardo dan jajarannya, adalah demi membahas tindak lanjut dari rapat sebelumnya.

Diantaranya terkait usulan program PEN, baik di tataran pusat, daerah, serta di Kementerian/Lembaga, bisa segera diselesaikan. Airlangga meminta agar seluruh realokasi anggaran diselesaikan dalam minggu ini. "Sehingga pekan depan sudah final," ujar Airlangga. (Baca juga: Pengembangan Vaksin Merah Putih Sudah Mencapai 40% )

Terkait dengan anggaran, lanjutnya, dari pihak Kementerian Keuangan sudah mencatat perubahan-perubahan yang dilakukan oleh tiap K/L. Sehingga total anggaran yang sudah teralokasi dari Rp695 triliun adalah Rp679 triliun. "Jadi hampir seluruh program terpakai dan masih ada satu minggu mendetailkan yang perlu tambahan," tandasnya.
(ind)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.5917 seconds (0.1#10.140)