Perangi COVID-19, Anggota Kadin dan Tzu Chi Galang Dana Rp500 Miliar

Jum'at, 20 Maret 2020 - 21:51 WIB
Perangi COVID-19, Anggota Kadin dan Tzu Chi Galang Dana Rp500 Miliar
Perangi COVID-19, Anggota Kadin dan Tzu Chi Galang Dana Rp500 Miliar
A A A
JAKARTA - Para pengusaha yang tergabung di KADIN bersama Yayasan Buddha Tzu Chi menggalang dana hingga Rp500 miliar untuk membantu memerangi pandemi COVID-19. Keduanya berhasil mengumpulkan hingga Rp500 miliar yang akan disalurkan ke beberapa lokasi.

Dukungan bagi ujung tombak penanggulangan pandemi virus corona (COVID-19) melatarbelakangi sinergi lintas pihak melakukan penggalangan dana guna donasi peralatan kesehatan bagi para tenaga medis, yang ditargetkan dapat mencapai senilai Rp500 miliar.

"Kami mendapatkan informasi bahwa kecepatan dan ketepatan penanganan menjadi kunci memerangi pandemi COVID-19. Hal inilah yang mendorong sinergi dilakukan melalui penggalangan dana guna memberikan bantuan alat kesehatan," tutur relawan Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia sekaligus CEO DAAI TV Indonesia, Hong Tjhin melalui siaran pers.

Hal ini dikatakan setelah melakukan penyerahan simbolis kepada Ketua PBNU Bidang Kesehatan yang juga Pembina Tim COVID-19 PBNU Syahrizal Syarif di kantor Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB).

Pada hari Rabu (18/3) lalu, Tzu Chi juga telah menyerahkan bantuan APD seperti baju isolasi, masker, kacamata pelindung, sarung tangan, juga ventilator bagi Kemenkes dan rumah sakit yakni RSPAD Gatot Soebroto, RSPI Sulianti Saroso dan RSUP Persahabatan.

Menurut Hong Tjhin, dukungan lain yang dapat mereka berikan adalah mengikuti semua arahan Pemerintah Indonesia seperti melakukan social distancing dan mengedepankan pola hidup sehat.

Secara terpisah, Managing Director Sinar Mas G. Sulistiyanto mengatakan, beberapa perusahaan yang bersedia melakukan donasi adalah Sinar Mas, PT Adaro Energy Tbk, Artha Graha Peduli Foundation, PT Djarum, Agung Sedayu Group, PT Indofood Sukses Makmur Tbk, PT Puradelta Lestari Tbk, beserta Triputra Group. "Kami masih menunggu pengusaha lain untuk kepedulian sosial ini.” ujarnya.

Sementara itu pada Kamis (19/3) KADIN Indonesia bersama Yayasan Buddha Tzu Chi Indonesia memberikan bantuan untuk Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, RSPAD Gatot Subroto dan RSUP Persahabatan.

Ketua Umum Kamar Dagang dan Industri Indonesia (KADIN) Rosan P. Roeslani mengatakan, seluruh penyaluran donasi berikut perusahaan yang berpartisipasi akan dilaporkan kepada Presiden RI secara berkala. Pihaknya terus berupaya mengimbau anggotanya agar ikut berperan aktif dalam kegiatan ini.

Donasi bertahap yang digalang Tzu Chi akan berbentuk peralatan uji cepat (rapid test kit) sebanyak 1 juta buah, 20 ribu baju isolasi (coverall safety), 4 unit alat bantu pernapasan (ventilator), berikut 1 juta masker. Penyaluran bantuan berlangsung di bawah koordinasi Kementerian Kesehatan RI dan BNPB.
(akr)
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
berita/ rendering in 0.5814 seconds (0.1#10.140)