BI Disebut Lambat Saat Kebutuhan Uang untuk Penanganan Covid-19 Makin Besar

Sabtu, 12 September 2020 - 21:16 WIB
loading...
A A A
Berbeda halnya dengan Bank Sentral Amerika Serikat, The Fed, yang meski bertentang dengan rezim Donald Trump, pada saat krisis Pandemik menghantam Negeri Paman Sam menyampaikan sikap yang sama dengan pemerintah federal

Sejak awal tahu lanjut dia, The Fed sudah memberikan statement bahwasanya mereka akan melakukan pembiayaan fiskal, Quantity Fishing tanpa batas. Padahal, kata Piter, secara politik The Fed dengan pemerintahan Trumph sangat bertentangan.

Tapi begitu, saat mereka dihadapkan dalam krisis yang sama, The Fed memberikan statement yang sangat support terhadap pemerintah. Piter mengaku kecewa dengan Bank Indonesia yang terkesan lambat menunjukan sense of crisisnya utuk membantu penanganan Covid-19. Sehingga pemerintah juga terlihat sulit mengeluarkan dana untuk impelementasi kebijakan yang telah dikeluarkan.

"Anggarannya (penanganan Covid-19) sudah ditetapkan. Tetapi untuk mebiayai anggaran yang sudah ditetapkan itu seharusnya tidak hanya dari sisi berutang, baik ke luar negeri maupun di dalam negeri. Tapi utamanya support dari bank sentralnya. Makanya persoalan uang itu menjadi muncul," ujar Piter.

"Dan itulah yang ingin disampaikan Pak Jokowi yang (videonya) menjadi viral, yang kemarahannya (menunjukan) harus ada sense of crisis yang sama," lanjut dia.
(akr)
Halaman :
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.2840 seconds (0.1#10.140)