Keramik Motif Cantik dengan Digital Printing

loading...
Keramik Motif Cantik dengan Digital Printing
Foto/dok
A+ A-
JAKARTA - Bila dulu corak ubin keramik lebih didominasi warna-warna polos dan netral, kini ubin keramik mulai bermain warna dan motif yang cenderung ramai dan memiliki warna bervariasi. Mulai dari kuning, hijau, merah muda, hingga aneka warna cerah lainnya.

Permainan motif pada keramik kini tidak kalah menarik. Motif floral, geometris, dan garis vertikal semakin marak mengisi desain ubin keramik. Ditambah lagi, ada tekstur di permukaan ubin keramik membuatnya jadi tampak makin menarik. (Baca: Cukup Diucapkan, Amalan Ringan Ini Pahalanya Berlimpah)

"Fungsi ubin keramik dulu dan sekarang sudah berbeda. Jika sebelumnya fungsi keramik sekadar penutup lantai agar tidak mudah kotor, tetapi sekarang dengan varian corak dan motif yang kuat, peran ubin semakin luas, bisa sebagai elemen dekoratif sebuah interior," arsitek Sonny Sutanto.

Kalau dahulu orang tidak concern pada desain keramik, hanya dipakai sebagai pelengkap. Sekarang mereka dapat memilih corak dan motif untuk dijadikan pengisi interior. Seperti penghias di sisi area teras, ruang tamu, dan kamar mandi.



"Banyak yang bilang aplikasi ubin keramik dengan motif hanya cocok untuk pelengkap dinding kamar mandi dan eksterior saja. Alasannya, karena kurang elegan bila di taruh pada area ruang keluarga dan lainnya, asumsi ini sebenarnya salah. Keramik motif mampu menentukan suasana ruangan," tegasnya.

Tren keramik dengan beragam motif dan warna ini juga didukung oleh inovasi terbaru di dunia keramik, yakni teknologi digital printing. Teknologi terbaru ini membuat para penggiat keramik semakin berkreasi dengan motif baru.

Sonny menjelaskan, digital printing adalah teknologi yang berkembang pada keramik. Prinsip dasarnya sama dengan teknologi digital printing di industri lainnya. Teknologi ini bukan hanya dikontrol dengan sistem komputer, tetapi menggunakan tinta dan perlakuan khusus dalam proses cetaknya. (Baca juga: Studi: Virus Corona Baru Mampu Menyerang Otak)



Teknologi printing pada keramik ini mampu memproduksi berbagai desain dengan warna-warna detail khusus pada permukaan keramik bertekstur dengan resolusi tinggi, hampir 100 dpi yang belum pernah ada sebelumnya.

Aplikasi desain pada keramik digital printing tidak terbatas pada permukaan keramik yang halus karena dapat dibuat pada permukaan yang bertekstur. Selain itu, dapat tercetak sampai ke ujung keramik secara penuh dan sempurna (borderless printing).

"Hasil tekstur dan warna yang kuat membuat keramik ini mampu menjadi focal point pada sebuah ruangan," tutur Sonny.

Selain memberikan keindahan dalam hal warna dan motif pada keramik, corak printing pada keramik menjadikan keramik terlihat kukuh (tidak mudah retak atau pecah). Fungsi lainnya, permukaan keramik menjadi tidak porous, sehingga membuatnya tidak dihinggapi lumut jika Anda menggunakannya untuk area luar, seperti teras. (Lihat videonya: Marion Jola Heboh karena Bra, Gisella Menyesal bercerai)

Anda pun dapat mewujudkan tampilan interior sesuai keinginan dengan bermain warna dan tekstur. Jangan takut untuk bermain warna karena warna memberikan kesan psikologis tersendiri bagi penikmatnya. (Aprilia S Andyna)
(ysw)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top