Halo, Kali Ini IPO Anak Usaha Telkom Bakal Jadi Ya!

loading...
Halo, Kali Ini IPO Anak Usaha Telkom Bakal Jadi Ya!
Foto/Ilustrasi/SINDOnews
A+ A-
JAKARTA - Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) mengungkap, PT Dayamitra Telekomunikasi (Mitratel) akan melakukan penawaran umum saham perdana atau initial public offering (IPO). Informasi itu diutarakan oleh Wakil Menteri BUMN Kartika Wirjoatmodjo.

Menurut Kartika, IPO anak usaha BUMN nantinya juga akan digolongkan ke dalam beberapa kelompok jenis usaha. Selain IPO, BUMN juga akan mencari partner-partner strategis guna mencari pendanaan. (Baca juga:Ternyata, Ada Udang di Balik Diskon Harga Pertalite)

"Ke depan juga dalam berbagai klaster yang ada kita akan lakukan IPO, dan strategic partnership seperti contoh di Pertamina. Di Telkom, di menara, yaitu Mitratel akan IPO," kata Kartika dalam webinar, Rabu (16/9/2020).

Sebagai informasi, Mitratel atau PT Dayamitra Telekomunikasi Indonesia merupakan anak usaha Telkom yang bergerak di bisnis menara telekomunikasi. Mitratel disebut-sebut tengah mencari pendanaan melalui pasar modal untuk mengembangkan bisnisnya.



Sejatinya, pencarian dana di pasar modal telah diembuskan sejak 2010 silam. Ketika itu perseroan menargetkan Mitratel bisa IPO sebelum 2013 sambil menunggu pengalihan menara Telkomsel. (Baca juga:Tikam China, AS Bakal Jual Tujuh Sistem Senjata Utama ke Taiwan)

Namun, wacana tersebut tak kunjung terlaksana hingga pada 2016. Kabar IPO kembali mencuat setelah Mitratel batal melakukan tukar guling saham atau share swap dengan perusahaan menara lainnya, PT Tower Bersama Infrastructure Tbk. (TBIG).
(uka)
Ikuti Kuis Berhadiah Puluhan Juta Rupiah di SINDOnews
preload video
TULIS KOMENTAR ANDA!
Top