Wamen Angela: Kolaborasi Tempat Wisata Jadi Kunci Produk Kreatif Tumbuh Pesat

Rabu, 16 September 2020 - 21:37 WIB
loading...
Wamen Angela: Kolaborasi Tempat Wisata Jadi Kunci Produk Kreatif Tumbuh Pesat
Wamenparekraf Angela Tanoesoedibjo. Foto/dok.MNC Media
A A A
JAKARTA - Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo optimistis produk kreatif memiliki potensi besar untuk terus tumbuh pesat. Namun demikian, kuncinya perlu meningkatkan kolaborasi dengan destinasi atau tempat wisata di Tanah Air.

"Jadi, kalau kita lihat dari data potensinya besar dan ini masih ada ruang untuk tumbuh dan kalau kita lihat di produk kreatif itu sangat penting sekali untuk dikembangkan," ujar Angela dalam peluncuran Bangga Buatan Indonesia Pernak Pernik Unik secara virtual, Rabu (16/9/2020).



Menurut dia dengan adanya pertumbuhan produk kreatif bisa mendukung pertumbuhan spending dari wisatawan mancanegara ketika datang ke Indonesia. Meski begitu perlu varian produk produk kreatif perlu ditingkatkan tidak hanya barang tapi juga jasa kreatif.

"Produk kreatif kan seperti souvenir, kalau jasa kreatif seperti fotografi, videografi, apalagi sebelum Covid ada wedding tourism yang kalau kita bedah ada banyak produk dan jasa kreatif misalnya souvenir, fashion, fotografi, videografi, kuliner, musik, entertainment, jadi ini besar sekali kalau kita bicara potensi dan pentingnya produk dan jasa kreatif untuk mengembangkan pariwisata," kata dia.



Terkait tantangan produk kreatif ke depan, Angela menyebut, dengan adanya pembatasan akibat pandemi Covid-19 sangat memengaruhi dari sisi operasional. Selain itu, dari sisi pemasok, distribusi dan keleluasaan jualan secara offline yang terhambat turut berakibat ke revenue yang turun, ditambah lagi demand juga ikut menurun.

"Tapi kita selalu percaya di dalam semua tantangan kita harus cari peluang dan jalan keluar, tentunya ini tidak hanya bagaimana kita harus beradaptasi dan berinovasi salah satunya go online yang bisa membantu banyak usaha termasuk usaha produk kreatif untuk bisa bertahan dan bisa mempunyai pasar yang lebih luas," ucapnya.
(nng)
Baca Berita Terkait Lainnya
Copyright ©2024 SINDOnews.com
All Rights Reserved
read/ rendering in 0.1273 seconds (0.1#10.140)