Menperin Sebut Jumlah Pekerja Pabrik yang Tertular Covid-19 Berkisar 2%

loading...
Menperin Sebut Jumlah Pekerja Pabrik yang Tertular Covid-19 Berkisar 2%
Ilustrasi pekerja pabrik. Foto/Dok SINDOphoto/Astra Bonardo
A+ A-
JAKARTA - Menteri Perindustrian (Menperin) Agus Gumiwang Kartasasmita mengungkapkan, Berdasarkan data yang diterima Kementerian Perindustrian (Kemenperin) hingga saat ini, pekerja pabrik yang terpapar Covid-19 angkanya 2% dari total paparan virus ini secara keseluruhan di Indonesia.

"Saya kira pabrik-pabrik bisa menunjukkan sebagai pelaku usaha punya komitmen yang sangat tinggi untuk pencegahan penyebaran Covid-19," kata Agus saat melakukan kunjungan pabrik Mayora di Balaraja, Tangerang, Jumat (18/9/2020). (Baca juga: 22 Karyawan Pabrik PT Pupuk Kujang Cikampek Terpapar COVID-19)

Dalam kunjungan kerjanya, Menperin mengapresiasi PT Mayora Indah Tbk, dalam menerapkan protokol kesehatan di lingkungan pabrik. Dia menyampaikan bahwa sebenarnya para pekerja pabrik yang tertular Covid-19 itu bukan berasal dari lingkungan kerja. Melainkan, berasal dari tempat mereka berkumpul setelah berkerja.

"Jadi ini imbauan saya kepada teman-teman industri, tolong perhatikan kegiatan para pekerja pabrik. Baik sebelum dan sesudah masuk pabrik," jelasnya.



Salah satu yang menjadi sorotan Menperin dalam pencegahan penyebaran virus di lingkungan pabrik Mayora adalah antar jemput karyawan. Selain itu, perusahaan juga memberikan suplemen dan vitamin secara rutin, demi meningkatkan imunitas pekerja. (Baca juga: Vitamin D Rendah Dapat Tingkatkan Kemungkinan Infeksi COVID-19)

“Antar jemput juga dilakukan oleh pihak perusahaan kepada pekerja untuk itu bisa secara signifikan mengurangi penyebaran virus ini,” terang Menperin.

Untuk itu, Menperin menghimbau agar para pelaku industri pabrik dapat secara konsisten menjalankan protokol kesehatan dengan baik supaya dapat berkontribusi terhadap perekonomian nasional.
(ind)
TULIS KOMENTAR ANDA!
preload video
Top